Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Pemda Diminta Turut Gencarkan Sadar Administrasi

Nasional pelayanan e-ktp e-ktp
Ilham wibowo • 20 Januari 2019 13:09
Jakarta: Pemerintah daerah (Pemda) diminta ikut mendorong proses perekaman KTP-el untuk warganya. Hingga kini, sebanyak 5,38 juta warga belum melakukan perekaman KTP-el.
 
Sekjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo mengatakan, proses perekaman KTP-el gencar dilakukan di rumah sakit, lembaga pemasyarakatan, dan panti jompo.
 
"Harapannya gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan betul-betul bisa diakomodir. Sehingga masyarakat mendapatkan status dan kejelasan baik sebagai warga negara maupun di dalam aktifitasnya," ucap Hadi di kantor Direktorat Jenderal Dukcapil, Jakarta, Minggu, 20 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Upaya percepatan perekaman KTP-el juga dilakukan dengan menerjunkan 138 relawan untuk lima provinsi yang dianggap belum mencakup 85 persen perekaman. Wilayah tersebut yakni Provinsi Sulawesi Barat yang baru terekam mencapai 77,8 persen, Maluku 79,95 persen, Maluku Utara 79,44 persen, Papua Barat itu 64,18 persen dan Papua 37,98 persen.
 
"Kami berpesan kepada gubernur, bupati, untuk juga memfasilitasi karena ini kewajiban bersama sehingga sinergitas dan koordinasi perlu dilakukan," ungkapnya.
 
Selain itu, masyarakat yang belum merekam KTP-el juga diminta untuk segera melakukan perekaman di kantor dukcapil setempat. Hadi menjanjikan, Proses perekaman bakal rampung paling lama satu jam.
 
"Langkah-langkah yang telah ditempuh antara lain pelayanan di hari libur setiap Sabtu dan Minggu, kemudian upaya pelayanan terintegrasi serta jemput bola kaitannya dengan pelayanan keliling," pungkasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif