Ilustrasi Garuda Pancasila. Antara/Irfan Anshori
Ilustrasi Garuda Pancasila. Antara/Irfan Anshori

BPIP Cari Putra Putri Terbaik Sebagai Ikon Pancasila

Nur Azizah • 28 Mei 2021 22:12
Jakarta: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mencari putra putri terbaik Indonesia untuk dijadikan ikon Pancasila. Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian dalam menyemarakan Bulan Pancasila.
 
Bulan Pancasila berlangsung mulai 1 Juni hingga 18 Agustus 2021. Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi BPIP, Tajuddin, mengatakan ikon Pancasila harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Jadi konsep yang dikembangkan bagaimana memotret perilaku kita dalam menjalankan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," ucap Tajuddin di Gedung Pancasila, Jakarta Pusat, Jumat, 28 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tajuddin mengatakan calon ikon Pancasila harus melakukan kegiatan yang bernilai Pancasila secara kontinu. Masyarakat bisa mengusulkan tokoh tersebut atau mendapat secara mandiri.
 
Putra putri terbaik ini akan diumumkan pada Peringatan Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang. Selain mencari ikon Pancasila, BPIP mengadakan perlombaan lainnya seperti pembuatan video pendek bertema Pancasila.
 
Baca: BPIP Ajak Masyarakat Menaikkan Bendera pada Hari Lahir Pancasila
 
Kemudian, lomba kreativitas anak dari jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga taman kanak-kanak (TK). Untuk lomba ini, BPIP tak membatasi jenisnya, anak bisa menggambar, membuat video, menari, dan lainnya.
 
"Kami tidak membatasi, kami serahkan kepada masyarakat. Lomba ini untuk mengajarkan nilai-nilai Pancasila sejak dini," ujar dia.
 
Bulan Pancasila ini akan diawali dengan Upacara Lahirnya Pancasila. Upacara akan dilaksanakan secara virtual pada 1 Juni 2021.
 
Upacara akan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo. Upacara ini akan dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, menteri, kepala lembaga maupun badan, hingga kepala daerah.
 
(JMS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif