Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmavati membuka acara gerak jalan. Foto: Medcom.id/Fachri
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmavati membuka acara gerak jalan. Foto: Medcom.id/Fachri

Ribuan Umat Buddha Ajak Warga Jaga Kerukunan Indonesia

Nasional Manfaat dari keberagaman
Fachri Audhia Hafiez • 03 November 2019 08:41
Jakarta: Ribuan umat Buddha menggelar Gerak Jalan Kerukunan antar umat beragama. Acara ini dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia (NSI).
 
Acara yang dihelat di kawasan Hari Bebas Berkendara, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat ini, diikuti 5.000 umat Buddha NSI dan ribuan umat beragama lain. Tak ketinggalan sekitar 200 orang dari Komunitas Papua turut berpartisipasi.
 
Ketua Umum NSI, Maha Pandita Utama Suhadi Sendjaja mengatakan acara ini sekaligus menunjukkan kerukunan yang terjalin damai antar umat. Kerukunan, lanjut dia, telah menjadi bagian filosofi hidup setiap manusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini bercita-cita ingin mewujudkan Indonesia yang maju, Indonesia yang Jaya. Maka melalui gerak jalan ini kita bersama menciptakan suasana dan memancarkan getaran kebaikan tersebut untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan jaya," kata Pandita dalam sambutannya di lokasi, Minggu, 3 November 2019.
 
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid mengatakan kerukunan menjadi bentuk kedewasaan bangsa Indonesia di tengah masyarakat majemuk. Ia berharap semua pihak mampu menjaga anugerah keberagaman yang menjadi takdir bangsa Indonesia.
 
"Keanekaragaman itu anugerah kita rawat secara alamiah, kita hidup berdampingan satu dengan yang lain. Sehingga dibutuhkan saling mengasihi dan memuliakan anak bangsa perlu kesadaran pemahaman yang mendalam dalam keragaman kebhinekaan ini," ujar Zainut.
 
Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati mengapresiasi acara yang diikuti 80 persen perempuan dan anak-anak. Acara ini diharapkan menjadi momentum memperkokoh keberagaman yang sudah terjalin dengan baik.
 
"Mari memupuk dengan baik, mari kita hormati jaga keberagaman berdasarkan Pancasila. Ini jadi momentum kita mengkampanyekan pemberdayaan begitu juga perlindungan anak semua yang hadir saat ini," ujar Ayu.
 
Gerak jalan dimulai dari depan Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin. Kemudian peserta bergerak ke arah Patung Kuda, lalu berputar balik menuju Bundaran HI, dan kembali ke depan Kantor Kementerian Agama.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif