Pertemuan DPP KNPI dengan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf di kantornya, Selasa, 16 Agustus 2022. Istimewa
Pertemuan DPP KNPI dengan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf di kantornya, Selasa, 16 Agustus 2022. Istimewa

Sowan ke Ketum PBNU, DPP KNPI Bahas Peran Pemuda dalam Persatuan Nasional

Whisnu Mardiansyah • 16 Agustus 2022 20:46
Jakarta: DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sowan ke Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf, Selasa, 16 Agustus 2022. Pertemuan tersebut membahas berbagai persoalan kebangsaan, Keislaman, dan Kebhinnekaan saat ini.
 
"Kami membahas persoalan kebangsaan, keislaman dan kebhinnekaan khususnya kemandirian umat dalam hidup berbangsa dan bernegara,” ujar Ketua Umum DPP KNPI M Ryano Panjaitan di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Sebagai organisasi Islam tertua di Tanah Air, Ryano mengibaratkan PBNU sebagai replika Indonesia. Ryano memiliki arti khusus kepanjangan dari PBNU. Yaitu, Pancasila (Falsafah Hidup Bangsa), Bhinneka Tunggal Ika (Ikatan Batin), NKRI (Kesatuan Teritorial), dan UUD 1945 (Konstitusi). Sehingga butuh elemen penting untuk bersinergi yaitu melalui pemuda dalam Hal ini KNPI.
 
Baca: Teken MoU dengan PBNU, Mendag Dorong UMKM Santri Naik Kelas

Menurut Ryano, ada dua hal penting yang harus diselesaikan menjawab persoalan keumatan saat ini yakni masalah kemandirian umat dan ajaran-ujaran intoleran yang menyebabkan krisis moral. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masalah ekonomi, misalnya basis miskin identik dengan basis umat, sehingga untuk mencapai masyarakat adil dan makmut harus dimulai dari kemajuan ekonomi. Begitupun dengan ajaran dan ujaran intoleran harus diberikan edukasi nasionalisme khususnya Pancasila sebagai falsafah hidup berbangsa," katanya.
 
Sementara itu Ketua Umum PBNU Gus Yahya mengajak agar KNPI dapat menyatukan kelompok-kelompok sosial.
 
"Peluang tantangan kohesi membuat KNPI punya peluang menyatukan kelompok sosial. Pemuda harus menjadi penyatu pasca reformasi," katanya.
 
Tak hanya itu, ia juga meminta KNPI dapat menyentuh idealisme publik, menjawab tantangan Indonesia saat ini. "KNPI harus hadir sebagai aktor. KNPI akan menjadi harapan," jelasnya.
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif