Praktisi Media Sosial, Nukman Luthfie. Foto: MI/Ramdani.
Praktisi Media Sosial, Nukman Luthfie. Foto: MI/Ramdani.

Swafoto di Lokasi Bencana Menghilangkan Empati

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Fachri Audhia Hafiez • 29 Desember 2018 18:06
Jakarta: Swafoto atau selfie di lokasi bencana menjadi sorotan belakangan ini. Swafoto di lokasi bencana dianggap mengurangi empati.
 
Praktisi Media Sosial, Nukman Luthfie mengatakan, swafoto sah-sah saja dilakukan oleh setiap orang. Namun harus memperhatikan kondisi lokasi dan situasi.
 
"Jadi ada kesan kenapa ya orang selfie-selfie padahal lagi situasi duka. Seharusnya menunjukkan kesan empati, kepedulian," kata Luthfie kepada Medcom.id, Jakarta, Sabtu, 29 Desember 2018.
 
Menurutnya, sebagian masyarakat yang berswafoto di media sosial ingin menunjukkan eksistensi. Seolah ingin memberitahu ke semua orang, bahwa tengah berada di titik lokasi bencana.
 
"Agar semua orang tahu kalau saya sudah ke sana, itu fungsi sosial media mengabarkan kepada siapapun. Bahwa orang sudah ke sana terutama situasi dalam keadaan bencana gitu kan," ujar Luthfie.
 
Luthfie menjelaskan, swafoto secara tidak langsung membuat seseorang ingin tersenyum, jarang sekali menampilkan kesan sedih di kamera. Ketika wajah berhadapan dengan kamera, seseorang ingin tampak terlihat baik.

Baca: Selfie di Tempat Bencana, Orang Ini Dihujat di Media Sosial

Dia menyarankan jika ingin berswafoto lebih baik diarahkan ke anggota badan lain. Jauh lebih baik, lanjut Luthfie, hanya foto kegiatan-kegiatan yang tengah dilakukan di lokasi bencana.
 
"Hindari wajah karena begitu wajah spontan untuk tersenyum, kita spontan menampilkan posisi yang enak diambil orang, padahal situasi berduka," ucap Luthfie.
 
Beberapa masyarakat Indonesia kedapatan tengah berswafoto di kawasan terdampak tsunami Selat Sunda, yang menerjang sejumlah wilayah Banten dan Lampung. Fenomena ini sempat dimuat oleh media asal Inggris, The Guardian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi