Ilustrasi foto tersambar petir (Antara/Saud/Ilustrasi)
Ilustrasi foto tersambar petir (Antara/Saud/Ilustrasi)

Sebabkan Wisatawan Meninggal di Puncak, Benarkah Main HP Sebabkan Tersambar Petir?

Sri Yanti Nainggolan • 15 Mei 2022 17:35
Jakarta: Wisatawan asal Bekasi, Jawa Barat, Ajeng Wahyuni, 18, tewas setelah tersambar petir saat berkemah di Camp Gayatri, Cisarua, Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Saat itu, korban sedang bermain ponsel
 
"Korban sedang memasak di depan tenda tempat korban menginap. Pada saat korban sedang memainkan handphone sambil memasak korban tersambar petir," ungkap Kapolsek Cisarua Polres Bogor, Kompol Supriyanto di Bogor, Minggu, 15 Mei 2022.
 
Menurutnya, peristiwa tersebut bermula ketika Ajeng bersama temannya Aldi Wijaya datang berkemah ke Camp Gayatri pada Sabtu, 14 Mei 2022 sekitar pukul 13.15 WIB untuk melakukan kegiatan masak-masak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat cuaca sedang mendung, Ajeng yang sedang memasak sembari memainkan ponsel di depan tenda kemah tiba-tiba tersambar petir sekitar pukul 15.15 WIB.
 
Baca: Camping di Puncak sambil Main Ponsel, Wisatawan Tewas Tersambar Petir
 

Benarkah Main HP Sebabkan Tersambar Petir?

Dilansir dari situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), ahli dari National Weather Service mengatakan bahwa menggunakan smartphone ketika ada petir sama sekali tidak memiliki hubungan dan pengaruh. 
 
Spesialis keselamatan kilat National Weather Service, John Jensenius, mengungkapkan bahwa petir tidak bisa menyambar melalui smartphone dan hanya bisa melalui kabel dan pagar saja. 
 
Dikutip dari  jurnal yang dirilis oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), terdapat  tiga faktor utama yang mempengaruhi lokasi tempat petir akan menyerang. Pertama, soal ketinggian. Kemudain, merujuk pada bentuk runcing dan soal isolasi yang menjadi faktor dominan sambaran petir. 
 
"Sehingga hal yang  perlu diperhatikan adalah lokasi serta memastikan diri berlindung di tempat yang aman," demikian keterangan dari Kominfo. 
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif