Foto: Ilustrasi/Rexels.com
Foto: Ilustrasi/Rexels.com

Indonesia Lebih Tangguh Hadapi Pandemi Hingga 3 Kali Lipat

Theofilus Ifan Sucipto • 23 Juni 2022 18:02
Jakarta: Global Fund telah mendukung 17 laboratorium di 13 provinsi selama 2022. Bantuan tersebut mempertangguh Indonesia menghadapi pandemi di masa depan.
 
"Upaya kolaborasi ini telah meningkatkan kapasitas negara setidaknya tiga kali lebih tinggi," kata Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 Juni 2022.
 
Kunta mengatakan bantuan itu sejalan dengan fokus pemerintah untuk meningkatkan dan mendistribusikan kapasitas nasional sequencing dan analisis data. Sehingga, pemerintah bisa merespons kesehatan masyarakat dengan lebih cepat dan tepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini tidak akan mungkin terwujud jika tidak dilakukan melalui kerja sama antara universitas, rumah sakit, dan pemerintah daerah, swasta, dan mitra internasional," kata dia.
 

Baca: Kemenkes: Kolaborasi dan Dukungan 17 Laboratorium Tingkatkan Kapasitas Indonesia Hadapi Pandemi


Kunta menyebut Global Fund adalah salah satu mitra internasional yang berkomitmen mendukung Indonesia. Khususnya, untuk memperkuat kapasitas pengawasan genomik nasional.
 
"Mereka juga membantu menyediakan peralatan laboratorium dan pelatihan untuk petugas laboratorium," ujar dia.
 
Kunta menegaskan komitmen pemerintah memanfaatkan teknologi dari Global Fund. Pemanfaatan itu tidak hanya untuk penanganan covid-19.
 
"Tapi juga seperti tuberkulosis (TB), HIV (human immunodeficiency virus), malaria, dan penyakit lainnya," kata dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif