Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi. Dok. Kementerian Kesehatan
Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi. Dok. Kementerian Kesehatan

Kemenkes: Pembatasan Mobilitas Kunci Utama Mencegah Penyebaran B117

Nasional Virus Korona kemenkes pandemi covid-19 Mutasi virus
Fachri Audhia Hafiez • 02 Mei 2021 14:27
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta temuan kasus varian baru covid-19, B117, menjadi perhatian bersama. Ada 10 kasus B117 yang terdeteksi di Indonesia.
 
"Pembatasan (mobilitas) menjadi kunci utama kita untuk mengatasi varian dan penyebaran dari varian baru ini," kata juru bicara vaksinasi covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis, Minggu, 2 Mei 2021.
 
Nadia mengungkapkan varian baru tersebut beberapa ditemukan melalui kasus transmisi lokal. Kasus itu terjadi di Kabupaten Karawang, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, dan Kalimantan Selatan. Sedangkan, kasus lainnya akibat terpapar dari luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Nadia, penularan varian baru bisa dilakukan bila mobilitas masyarakat berkurang. Langkah itu juga menjadi formula mencegah terjadinya lonjakan kasus covid-19.
 
"Kita melihat bahwa mobilitas yang tinggi akan menyebabkan lonjakan kasus, sementara mobilitas yang rendah itu akan menekan laju penularan," ujar Nadia.
 
Baca: Satgas: Mutasi B.1.617 Asal India Tak Ditemukan di Indonesia
 
Varian B117 merupakan mutasi virus yang pertama kali ditemukan di Inggris. Varian tersebut serta mutasi B1617 yang menyebabkan gelombang tsunami kasus covid-19 di India.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif