Kabur dari saat karantina penjara menanti. Foto: Dok/Metro TV
Kabur dari saat karantina penjara menanti. Foto: Dok/Metro TV

Editorial

Kasus Rachel Vennya Sebagai Pembelajaran Bagi Satgas Covid-19

MetroTV • 23 Oktober 2021 13:14
Jakarta: Salah satu asas penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan adalah nondiskriminatif dengan tidak membedakan status sosial setiap orang. Namun, ternyata selegram Rachel Vennya berhasil kabur dari masa waktu karantina dan bekerja sama dengan sejumlah oknum.
 
Kabid Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Hery Trianto menyebut kejadian tersebut akan menjadi bahan evaluasi dan pelajaran bagi pemerintah. Selain itu, aparat hukum sudah melakukan penyelidikan terkait kasus kaburnya Rachel saat karantina.
 
"Sudah dilakukan penyelidikan baik Rachel sendiri maupun aparat yang diduga terlibat. Rasanya kita menunggu saja itu selesai dan akan menjadi pelajaran serta evaluasi kita," ucap Hery dalam tayangan Editorial MI di Metro TV, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hery mengatakan peristiwa kaburnya Rachel saat karantina sebagai kejadian yang luar biasa. Ini karena dia berhasil menembus barikade karantina yang telah dipersiapkan dengan sangat ketat.
 
Proses masuk orang asing ke Indonesia dikatakan sangat ketat. Hery menjelaskan tidak mudah lepas dari penjagaan di Keimigrasian dan juga Kementerian Kesehatan. Hotel karantina pun selalu diawasi. Bahkan, orang yang tengah melakukan karantina pun aktivitasnya dibatasi.
 
"Masing-masing hotel diawasi secara ketat dari jalur keluar bandara hingga ke hotel. Aktivitas di hotel pun sangat terbatas," jelas Hery.
 
Rachel Vennya memang berhasil kabur karena adanya bantuan dari sejumlah oknum. Karena itu, Hery menegaskan selanjutnya petugas yang berjaga harus memiliki integritas tinggi. Ini agar para petugas tersebut tidak tergiur untuk melakukan tindakan yang melawan hukum.
 
Hery menekankan dasar hukum bagi orang-orang yang melanggar kekarantinaan sudah jelas, begitupun untuk Rachel. Kemudian, Polda Metro Jaya sudah menjalani pemeriksaan terhadap Rachel Vennya dan akan segera menggelar perkara. (Widya Finola Ifani Putri)
 
 
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif