Ilustrasi Hari Kucing Sedunia. Foto: Cats Coming/Pexels
Ilustrasi Hari Kucing Sedunia. Foto: Cats Coming/Pexels

Hari Kucing Sedunia, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Anabul

Muhammad Syahrul Ramadhan • 08 Agustus 2021 18:44
Jakarta: Setiap tanggal 8 Agustus diperingati sebagai Hari Kucing Sedunia. Perayaan ini diinisiasi oleh komunitas International Fund for Animal Welfare (IFAW).
 
Hari Kucing Sedunia ini pertama kalinya diperingati pada 2002. Adapun tujuannya adalah untuk memperbaiki kesejahteraan anak bulu (anabul) berkaki empat itu.
 
Berikut lima fakta menarik tentang kucing yang sudah dirangkum Medcom.id.

1. Kucing oranye betina itu langka

Mayoritas kucing 'oyen', begitu orang Indonesia menyebut kucing berwarna oranye, ternyata berjenis kelamin jantan. Dikutip dari  Science Focus, data menunjukkan bahwa 80 persen kucing oranye berjenis kelamin jantan, sedangkan 20 persennya adalah betina. Artinya, kucing oyen betina langka.
Hari Kucing Sedunia, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Anabul
Foto: Lina Kivaka/Pexels

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini terjadi berkaitan dengan faktor genetik. Kromosom warna utama kucing sebenarnya ada dua, hitam dan oranye.
 
Warna hitam dan oranye adalah kromosom X.  Kucing betina membutuhkan dua kromosom X oranye dari induknya untuk menjadi kucing oranye, sedangkan jantan hanya butuh satu. Hal tersebut membuat kesempatan kucing jantan berwarna oranye semakin besar.

2. Kumis kucing untuk sensor jarak

Jika anda berniat memotong kumis kucing sebaiknya jangan dilakukan. Sebab, kucing membutuhkan kumisnya sebagai sensor untuk mengukur jarak ataupun bergerak.
 
Hari Kucing Sedunia, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Anabul
Foto: Danielle Daniel/Pexels
 
"Kumis kucing itu istimewa. Kumis yang dimiliki kucing itu minimal seukuran lebar tubuhnya. Nah itu digunakan mereka sebagai sensor untuk mengukur jarak atau bergerak khususnya di siang hari karena kalau siang hari pengelihatan mereka tidak bagus," kata Dokter Hewan Novi Wulandari yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

3. Kemampuan melompat kucing

Meski terkesan manja dan suka mager, ternyata kucing memiliki kemampuan fisik yang luar biasa. Anabul diketahui mampu melompat dengan jarak enam kali lipat panjang tubuhnya.
 
Kemampuan ini tentu mendukung aktivitas fisik kucing seperti bermain ataupun berburu mengikuti instingnya. Burung dan hewan terbang seperti serangga lain biasanya jadi incaran.

4. Jejak kaki kucing hanya ada dua

Fakta menarik berikutnya adalah jejak kaki kucing hanya ada dua. Ini tentu aneh karena kucing kakinya empat, lalu bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Jadi saat berjalan kaki kucing itu berjalan gantian. Kaki belakang kucing melangkah tepat setelah kaki depannya.

5. Tetap bisa kawin meski steril

Ternyata kucing yang sudah dimandulkan atau steril tetap bisa kawin. Fakta ini ditemukan pada sebagian kucing yang sudah disteril, namun tetap bisa kawin dengan lawan jenisnya.
 
 
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif