Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: Antara/Yulius Satria.
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: Antara/Yulius Satria.

Gangguan Prostat Diderita SBY Beberapa Tahun Terakhir

Anggi Tondi Martaon • 02 November 2021 14:15
Jakarta: Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menderita kanker prostat. Dia disebut sudah mengalami gangguan kesehatan selama beberapa tahun terakhir.
 
"Berapa tahun terakhir memang indikasinya naik sedikit," kata anggota Majelis Tinggi Demokrat Syarief Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 2 November 2021.
 
Wakil Ketua MPR itu tak mengetahui secara rinci penyebab SBY menderita kanker prostat. Dia hanya menyebut SBY kerap beraktivitas beberapa waktu terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beliau memang tidak pernah istirahat dalam bekerja, beliau masih membina kita, membina kader-kader Demokrat," kata dia.
 
Di luar politik, rutinitas SBY adalah mengurus tim bola voli Lavani, melukis, menulis, dan olahraga. Menurut Syarif, hal itu dinilai cukup memengaruhi kesehatan SBY karena sudah lanjut usia.
 
"Sehingga, dalam usia seperti ini tentunya memang harus diatur, jangan sampai kesehatanna menurun," kata dia.
 
Baca: Kena Kanker Prostat, SBY Berobat ke Luar Negeri
 
Namun, Syarief menyampaikan selama ini tidak ditemukan gangguan kesehatan serius pada diri SBY. Hal itu berdasarkan laporan check up medis yang rutin dilakukan SBY.
 
"Secara totally, menurut check up di RS beliau sangat baik kesehatannya, tidak ada yang terlalu banyak mengganggu, tapi harus ada tindak lanjut," ujar dia.
 
(JMS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif