Pemerintah Diminta Pantau Harga Jelang Lebaran
Ketua Komisi III dari Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo/MI/Rommy Pujianto.
Jakarta: Pemerintah diminta mencermati gejala kenaikan harga kebutuhan pokok di berbagai daerah dan meresponsnya. Sebab, pasar sudah merespons persiapan masyarakat, menyongsong Idulfitri dengan kenaikan harga sejumlah komoditas.

"Sepanjang bulan suci Ramadan, ada perkiraan bahwa harga daging sapi dan daging ayam akan naik," kata Ketua DPR Bambang Soesatyo dalam pesan tertulisnya, Minggu, 27 Mei 2018.

Dia menjelaskan, harga telur ayam sudah naik cukup tinggi. Selain itu, harga bawang merah, cabai merah keriting dan cabai rawit juga merangkak naik.


"Kecenderungan ini tentu harus diwaspadai, karena sepanjang periode Ramadan hingga Idulfitri, konsumsi masyarakat dipastikan naik," ucapnya.

Politikus yang karib disapa dengan panggilan Bamsoet itu khawatir naiknya komoditas pangan jelang Lebaran akan dimanfaatkan spekulan. Menurutnya, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri harus segera mengantisipasi kemungkinan ulah spekulan menimbun bahan pangan untuk mengerek harga. 

"Untuk mencegah penimbunan komoditas dan gejolak harga, Satgas Pangan Polri pun hendaknya mulai diterjunkan di semua daerah.  Didukung dinas perekonomian di setiap daerah, Satgas Pangan Polri diharapkan mampu berperan menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok," harapnya.

Pemerintah punya peran penting dalam melayani masyarakat menjelang Lebaran tahun ini. Sebab, banyak pemerintah daerah yang masih sibuk menghadapi pilkada serentak tahun ini.

"Karena kesibukan itu, fungsi mereka sebagai regulator daerah dikhawatirkan menjadi tidak efektif, khususnya terkait fungsi dan peran mereka dalam mengelola kecukupan stok bahan pangan dan pengendalian harga," imbuhnya.

Karena itu, pemerintah pusat jangan sampai lengah. "Sebaliknya, harus all out mereduksi potensi masalah sejak dini," cetusnya.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id