Satpol PP Sediakan 1.200 Kaus Polos untuk Sterilkan CFD

Muhammad Al Hasan 06 Mei 2018 16:50 WIB
car free day
Satpol PP Sediakan 1.200 Kaus Polos untuk Sterilkan CFD
Kasatpol PP DKI Jakarta, Yani Wahyu Purwoko - Medcom.id/Muhammad Al Hasan.
Jakarta: Sebuah langkah unik ditempuh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta untuk  mensterilkan kawasan car free day (CFD) dari atribut kaus "bertagar" simpatisan politik. Bertepatan dengan deklarasi akbar relawan nasional #2019GantiPresiden Satpol PP menyediakan 1.200 kaus putih polos. 

"Ada sekitar 1.200 ya itu kita siapkan. Itu juga kita tidak memaksa, silakan kalau yang ingin melintas di kawasan HBKB (hari bebas kendaraan bermotor) kami sarankan, kami punya kaus," kata Kasatpol PP DKI Jakarta, Yani Wahyu Purwoko ditemui di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 6 Mei 2018.

Yani mengaku langkah ini ditempuh untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebagaimana terjadi pada minggu sebelumnya. Terlebih hari ini ada deklarasi akbar. Satpol PP mengantisipasi massa yang mungkin melebar masuk ke area CFD menggunakan atribut politik. 


"Karena ini ada deklarasi dikhawatirkan akan melebar ke jalur HBKB, ya tentunya kami persiapkan solusi," kata Yani.

(Baca juga: Simpatisan Berkaus #2019GantiPresiden Diadang Masuk Area CFD)

Untuk mengefektifkan penindakan, Satpol PP mengerahkan sekitar 300 personel dibantu dari Dishub DKI dan Kepolisian. Mereka disebar ke-12 titik sepanjang kawasan CFD. 

"Jumlah Satpol PP perempuan 120, 130 Satpol PP laki-laki," beber Yani.

Bersamaan dengan penjagaan dan penindakan atribut "bertagar" agar kawasan CFD steril dari aktivitas politik, Satpol PP dan Dishub DKI Jakarta sibuk menyosialisasikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di HBKB.

Yani menyebut penjagaan akan tetap dilakukan ke depan. Namun, penindakan terhadap pengguna atribut kaus "bertagar" atau atribut politik lainnya hanya dilakukan pada hari ini atau disesuaikan momentum. 

"Sementara kami tetap, anggota juga segitu, tugas Satpol untuk memastikan agar HBKB ini tentram dan tertib," tukas Yani.






(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id