Ustaz Abdul Somad. ist
Ustaz Abdul Somad. ist

Kasus Ustaz Abdul Somad, Ini Beda Deportasi dan Ditolak Masuk Negara

Sri Yanti Nainggolan • 17 Mei 2022 16:29
Jakarta: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura menegaskan Ustaz Abdul Somad (UAS) bukan dideportasi pihak imigrasi. Ia ditolak masuk Singapura karena tak memenuhi kriteria.
 
"Saya mau meluruskan, petugas imigrasi sudah menyatakan bahwa beliau tidak dideportasi, tetapi ditolak izin masuknya ke Singapura karena tidak memenuhi syarat kriteria warga asing untuk ke Singapura," ujar Kepala Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Singapura, Ratna Lestari, saat dihubungi di Batam, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Ratna menjelaskan peristiwa itu terjadi pada saat UAS sedang mengecek paspor di pintu masuk imigrasi di Tanah Merah, Singapura. "Jadi, belum masuk ke Singapura dan izin masuknya ditolak," kata Ratna.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: KBRI Tegaskan Ustaz Abdul Somad Ditolak Masuk Singapura Bukan Dideportasi
 
Terkait alasannya, Ratna menyebutkan pihak imigrasi Singapura tidak menjelaskan kenapa UAS ditolak masuk ke Singapura.
 

Beda deportasi dengan ditolak masuk sebuah negara

Ratna membeberkan perbedaan antara deportasi dan izin masuk ditolak di suatu negara. 
 
Pengertian deportasi itu, kata Ratna, lebih kepada apabila orang tersebut sudah masuk ke Singapura lalu ditarik untuk dipulangkan ke negara asal ya. "Jadi, ini belum masuk ke Singapura lalu ditolak izin masuk ke Singapura," terang dia. 
 
Baca: Kronologi Singapura Deportasi Ustaz Abdul Somad
 
Sementara, izin masuk orang asing ke suatu negara tergantung kedaulatan masing-masing negara. Dalam kasus Ustaz Abdul Somad, alasannya tidak dijelaskan. 
 
"Kami paham soal itu, karena kami sering menolak warga negara asing masuk ke Indonesia dengan beberapa kriteria yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia," lanjut Ratna. 
 
"Jadi hal yang sama dilakukan oleh pihak imigrasi Singapura, bahwa jika tidak dianggap memenuhi kriteria masuk ke wilayah Singapura, maka yang bersangkutan ditolak untuk masuk," ucap Ratna.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif