Juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi . Foto: Dok Kemenkes
Juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi . Foto: Dok Kemenkes

Hadapi Hepatitis Akut, Fasyankes Diperkuat

Nasional kesehatan anak penyakit kronik kemenkes anak Hepatitis Akut
Antara • 06 Mei 2022 17:52
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperkuat fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) untuk menghadapi kasus hepatitis akut pada anak. Penyakit itu belum diketahui penyebabnya.
 
"Penguatan fasilitas layanan kesehatan dengan adanya rumah sakit rujukan untuk penanganan kasus hepatitis akut yang berat seperti Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta," kata juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 6 Mei 2022.
 
Dia mengatakan upaya memperkuat fasyankes di seluruh daerah merupakan langkah strategis pemerintah untuk mencegah penyebaran kasus hepatitis akut. Pihaknya telah menunjuk Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sebagai laboratorium rujukan untuk pemeriksaan spesimen hepatitis akut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemeriksaan laboratorium untuk menegakkan diagnosis pasti terkait penyebab hepatitis akut berat ini," kata dia.
 
Baca: Hepatitis Akut Menular Lewat Saluran Cerna dan Pernapasan, Begini Cara Mencegahnya?
 
Kemenkes juga telah mengirimkan surat kewaspadaan kepada Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, yakni Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya.
 
Nadia menilai perlu ada upaya peningkatan kewaspadaan, pencegahan, dan pengendalian infeksi hepatitis akut pada anak. Dia berharap setiap kasus yang memiliki gejala serupa dengan hepatitis akut misterius segera dilaporkan.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif