Ilustrasi hoaks/Medcom.id
Ilustrasi hoaks/Medcom.id

Kominfo Blokir 565.449 Konten Negatif Sepanjang 2021

Candra Yuri Nuralam • 31 Desember 2021 18:46
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memaksimalkan penindakan terhadap konten negatif di ruang digital. Ratusan ribu konten negatif telah diblokir Kominfo sepanjang 2021.
 
"Sepanjang tahun 2021, Kementerian Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap 565.449 konten negatif," kata juru bicara Kominfo Dedy Permadi melalui keterangan tertulis, Jumat, 31 Desember 2021.
 
Baca: Facebook Jadi Sarang Penyebaran Hoax Covid-19 Sepanjang 2021

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dedy mengatakan Kominfo juga menemukan 1.773 hoaks yang beredar selama 2021. Seluruh hoaks yang ditemukan itu sudah diberikan klarifikasi.
 
Sebanyak 723 hoaks yang ditemukan terkait dengan pandemi covid-19. Mayoritas hoaks berkaitan upaya pemerintah memulihkan pandemi covid-19 di Tanah Air.
 
Kominfo juga mengupayakan perlindungan data pribadi sepanjang 2021. Hal ini penting untuk melindungi masyarakat.
 
"Secara khusus, dapat disampaikan bahwa Kementerian Kominfo juga telah menangani total 43 kasus dugaan kegagalan pelindungan data pribadi," ujar Dedy.
 
Kominfo terus memerangi hoaks dan menjaga data pribadi masyarakat di media sosial. Langkah itu diambil untuk membuat masyarakat tetap aman selama menggunakan ruang digital.
 
"Sesuai arahan Bapak Menteri Kominfo (Johnny G Plate), saat ini jajaran terkait Kementerian Kominfo sedang mengembangkan teknologi Tata Kelola Pengendalian Penyelenggara Sistem Elektronik (TKPPSE) yang akan mulai beroperasi penuh pada tahun 2022," ucap Dedy.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif