Ilustrasi/Pexels.
Ilustrasi/Pexels.

Pentingnya Imunisasi Anak-anak di Tengah Pandemi

Nasional Virus Korona imunisasi
Theofilus Ifan Sucipto • 01 Juli 2020 08:46
Jakarta: Kesehatan anak-anak di tengah pandemi virus korona (covid-19) sangat krusial. Imunisasi diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh mereka.
 
“Imunisasi kepada anak tetap penting diberikan meski di tengah pandemi dengan catatan protokol kesehatan tetap diutamakan,” kata anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro, di Jakarta, Rabu, 1 Juli 2020.
 
Reisa menyitat hasil survei Kementerian Kesehatan bersama Organisasi Nirlaba Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) dan pemerhati imunisasi anak beberapa waktu lalu. Myoritas pelayanan kesehatan menurun dan berpengaruh pada kuantitas imunisasi anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Padahal, kata dia, imunisasi pada anak harus dilakukan meski vaksin covid-19 belum ditemukan. Menurut Reisa, perlu langkah-langkah strategis memastikan imunisasi tepat sasaran.Terutama pengebalan terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).
 
Baca:Dampak yang Dialami ketika Anak Terlambat Diimunisasi
 
“Melalui imunisasi, anak-anak terlindungi dari penyakit-penyakit berbahaya,” ujar Reisa.
 
Beberapa acuan imunisasi anak dibeberkan Reisa. Pertama yakni pengebalan dasar dan lanjutan yang harus lengkap dan dilaksanakan sesuai jadwal.
 
Langkah berikutnya adalah pelayanan imunisasi baik di pos pelayanan terpadu (posyandu), pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), dan puskesmas keliling mengikuti kebijakan pemerintah daerah setempat. Disusul memastikan pelaporan kegiatan surveilans atau pemantauan PD3I secara optimal.
 
"Keempat, menerapkan prinsip pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) dan menjaga jarak aman satu sampai dua meter," tutur Reisa.
 
Menurut dia, petugas medis harus tertib memakai alat pelindung diri (APD) seperti masker dan sarung tangan. Hal itu untuk mencegah penularan penyakit selama proses imunisasi.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif