Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: Medcom.id/Nur Azizah)
Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: Medcom.id/Nur Azizah)

Pemerintah Diharapkan Tiru Tiongkok Kembangkan Sektor Digital

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 10 Juli 2019 19:37
Jakarta: Sektor industri digital Tiongkok mengalami kemajuan pesat. Bahkan, beberapa produk digital buatan Negeri Tirai Bambu mampu mendominasi.
 
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap sektor digital Indonesia dapat meniru Tiongkok. Perkembangan industri Tiongkok tak lepas dari peran pemerintahnya.
 
"Swasta membangun aplikasi dan disokong oleh negaranya. Dan dia (pemerintah Tiongkok) menjaga betul supaya aplikasi buatan lokal diminati warganya," kata Bamsoet, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu dukungan yang diberikan oleh pemerintah Tiongkok yaitu dengan memblokir aplikasi media sosial dari negara lain. Kebijakan tersebut membuat masyarakat di sana terpaksa menggunakan produk digital lokal.
 
Beberapa aplikasi yang kini sudah berkembang yaitu Baidu Tiba, Alibaba, We Chat, Youku Tudou, QQ, dan Sina Weibo. Aplikasi tersebut bahkan sudah diakses oleh ratusan juta pengguna.
 
"Nah, Indonesia kalau ingin maju harusnya sudah mengarah ke sana," kata Bamsoet.
 
Pemerintah dapat memulainya dengan meniru kebijakan yang dibuat Tiongkok. Langkah tersebut diyakini Bamsoet akan memberikan kesempatan kepada putra-putri bangsa dalam mengembangkan mengembangkan potensi.
 
"Ini tantangan dan peluang bagi generasi muda untuk membangun aplikasi sendiri, seperti Google versi Indonesia, atau Facebook versi Indonesia, dan itu harus dilindungi negara," ujar dia.

 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif