Ketua pengurus harian YLKI, Tulus Abadi. Foto: Metro TV
Ketua pengurus harian YLKI, Tulus Abadi. Foto: Metro TV

Soal Gangguan Layanan BSI, YLKI: Jaminan Keamanan Perbankan di Indonesia Perlu Ditingkatkan

MetroTV • 16 Mei 2023 13:16
Jakarta: Ketua pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menyebut gangguan yang terjadi pada layanan Bank Syariah Indonesia (BSI) beberapa hari lalu menjadi pelajaran untuk meningkatkan jaminan keamanan perbankan. 
 
“Dalam bisnis perbankan modalnya trust. Jangan sampai distrust merugikan kedua pihak, (bank dan konsumen),” ungkap  Tulus dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Selasa, 16 Mei 2023. 
 
Dia mengatakan banyak masyarakat yang dirugikan akibat gangguan yang terjadi selama empat hari tersebut. Pihaknya mencatat sejak hari pertama gangguan layanan BSI, banyak keluhan masuk ke YLKI. 

“Sejak hari pertama keluhan pengguna BSI sudah bermunculan.  Bahkan, salah satu konsumen mengaku sekeluarga pakai BSI, jadi tidak bisa transaksi, sangat mengganggu,” ujarTulus. 
 
Baca: BSSN Minta BSI Beri Informasi Berkala kepada Publik

Dia menyebut pihak bank seharusnya mampu mengantisipasi potensi cybercrime.  Dia meminta pihak BSI melakukan audit forensik sistem IT agar kejadian yang merugikan nasabah tersebut tidak lagi terulang. 
 
“Yang terpenting harus diantisipasi dengan sistem IT yang handal. Harus dimitigasi kalo ada peretasan-peretasan seperti ini,” ucap dia. 
 
Layanan BSI mengalami gangguan selama 4 hari, yakni sejak Senin, 8 Mei 2023 hingga Kamis, 11 Mei 2023. BSI diketahui mengalami serangan ransomware, kejahatan mencuri data yang aksesnya dibatasi (enkripsi) dan meminta tebusan.
 
(Vania Augustine Dilia)
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(WAN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan