DPD Lempar Wacana Asuransi Bencana Alam
Ilustrasi: Gempa di Lombok, NTB (Foto:MI/Susanto)
Jakarta: Sekretariat Jenderal DPD RI mengadakan diskusi Strategi dan Solusi Penanganan Dampak Bencana Melalui Asuransi Bencana Alam. Wacana itu diangkat mengingat sejumlah daerah di Indonesia rawan bencana alam.

Diskusi yang dibuka oleh Anggota DPD RI Parlindungan Purba itu diikuti oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), PT Reasuransi MAIPARK, akademisi asuransi bencana alam Cornelius Simanjuntak, serta beberapa praktisi asuransi dan kebencanaan lainnya.

Wacana serupa juga sempat dikemukakan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Mereka menilai, perlu adanya sistem untuk mengasuransikan aset-aset negara yang rusak akibat terdampak bencana alam.


Dari diskusi yang telah dilakukan, ada beberapa poin penting yang disepakati oleh seluruh peserta, di antaranya semua sepakat untuk mewujudkan adanya skema asuransi bencana alam.

DPD RI juga memberikan apresiasi kepada Kementerian Keuangan yang akan mengasuransikan asetnya berupa gedung sebesar Rp22 miliar. Alokasi anggaran tersebut sudah masuk dalam rencana APBN 2019. Diharapkan, upaya serupa dilakukan lembaga pemerintahan lainnya, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Selain aset negara, DPD juga berharap asuransi bencana alam diterapkan di perumahan masyarakat miskin yang terkena dampak.

Oleh karenanya, diharapkan seluruh pihak terkait, yaitu BNPB, BMKG, BKF, OJK agar dapat bersinergi dan menentukan skema asuransi yang terbaik untuk bangsa dan masyarakat, sehingga semua pihak peduli terhadap bencana alam serta risiko yang ditimbulkan.

Terakhir, DPD berharap pemerintah membuat regulasi jangka pendek tentang asuransi bencana alam. Untuk jangka panjang, DPD akan menginisiasi Rancangan Undang-Undang tentang Asuransi Bencana Alam.




(ROS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id