Ilustrasi. Shutterstock
Ilustrasi. Shutterstock

Faktor yang Membuat Harga Apartemen Melambung

Nasional properti
Anindya Legia Putri • 19 Oktober 2017 12:55
medcom.id, Jakarta: Investasi apartemen semakin menjanjikan, karena harganya terus naik setiap tahun dan lebih stabil terhadap pengaruh inflasi. Ada beberapa faktor yang membuat nilai apartemen melambung.
 
Faktor pertama, keuntungan yang didapat dari investasi properti, yakni dari kenaikan harga tanah atau capital gain dan kenaikan harga penggunaan atau sewa per tahun (yield).
 
Director Research and Advisory Cushman And Wakefield Indonesia Arief Rahardjo mengatakan, investasi apartemen akan lebih menguntungkan jika dibeli sebelum bangunan jadi (pembelian di awal). Kalau pun membeli saat bangunan sudah ada, pertimbangkan letak apartemen, strategis atau tidak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau investasi memang lebih baik beli di awal. Karena harga jualnya bisa berbeda sampai 20 persen daripada membeli bangunan saat sudah jadi. Tentunya, letak apartemen (mempengaruhi). Misal, dekat sekolah, tempat perbelanjaan, atau moda transportasi umum," kata Arief kepada Metrotvnews.com.
 
Faktor kedua, yang membuat apartemen bagus untuk investasi adalah harga konstruksi vertikal per meter naik setiap tahun. "Pilihannya tetap sesuai budget, karena apartemen juga ada yang tipe studio. Tentunya itu bisa menjadi pilihan," ujar Arief.
 
Selain harga konstruksi ruang vertikal per meter, nilai apartemen juga dipengaruhi lokasi, fasilitas, dan keamanan. "Harga service charge atau perawatan juga berpengaruh. Semakin lengkap fasilitas, tentu semakin tinggi service charge-nya."
 
Harga apartemen sempat melonjak pada 2013-2014.Setelah itu, harga apartemen cenderung stabil. Arief mengatakan, saat ini ada sekira 217 ribu unit apartemen yang tersebar di Jabodetabek. Tiga tahun ke depan, unit apartemen diperkirakan sebanyak 240 ribu unit. Sebuah peluang investasi yang menggiurkan.
 
Salah satu apartemen di Jakarta Pusat yang prospektif dijadikan investasi maupun dijadikan hunian pribadi ialah Green Pramuka City. Selain lokasinya strategis, Apartemen Green Pramuka City terintegrasi dengan banyak moda transportasi sehingga memudahkan mobilitas penghuni.
 
Istimewanya lagi, pembeli tak hanya mendapatkan unit apartemen saja, namun juga sudah termasuk Bonus Compact Furnish Elegant.
 

(TRK)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif