Foto: Dieselpowering.com
Foto: Dieselpowering.com

Mesin Diesel Generasi Terkini Jauh Lebih Bersih dari Mesin Bensin

Nasional mesin diesel
28 Maret 2014 09:00
Merotvnews.com: Hingga saat ini banyak yang beranggapan mesin bensin lebih ramah lingkungan ketimbang mesin diesel. Padahal fakta justru menunjukkan sebaliknya.
 
Mungkin citra mesin diesel yang berisik, kasar, berasap hitam sudah terlanjur tertanam dalam benak banyak orang.
 
Karena kelebihan yang dimiliki mesin diesel, sederet produsen mobil ternama dunia tetap setia bahkan terus mengembangkan mesin kreasi Rudolf Diesel itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada Volkswagen Group dengan TDI Clean Diesel dan EcoDiesel, Mercedes-Benz dengan BlueTec-nya dan beberapa mesin diesel kreasi produen mobil lainnya.
 
Lalu seberapa bersih mesin pembakar minyak itu saat ini?
 
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT) Inggris, mesin penghasil torsi ini jauh lebih bersih dari sebelumnya.
 
Mesin-mesin diesel yang dijual di Inggris saat ini menghasilkan polutan 21 persen lebih sedikit dibandingkan diesel yang dijual pada 2003.
 
Di saat yang bersaamaan, efisiensi bahan bakarnya meningkat 27 persen dibandingkan 10 tahun lalu.
 
Menurut penelitian SMMT, secara keseluruhan, rata-rata diesel di Inggris hanya menghasilkan 128,3 gram CO2 per kilometer, atau turun hampir 30 persen sejak 2000.
 
Hal ini juga menandai untuk pertama kalinya rata-rata emisi mesin diesel mampu ditekan mencapai angka di bawah 130 gram/km.
 
Untuk mengukur seberapa bersih mesin diesel generasi terkini, kita bisa membandingkannya dengan crossover kompak Ford Kuga bermesin bensin 1.6 liter EcoBoost yang menghasilkan emisi CO2 179 g/km.
 
"Para pengendara kini bisa merasakan mobil-mobil diesel yang lebih bersih dibandingkan ketika 10 tahun lalu," ungkap President of Bosch UK, Peter Fouquet kepada HybridCars.com.
 
"Seiring dengan terus meningkatnya penjualan mobil diesel, kami terus menitikberatkan inovasi teknologi baru yang membantu mennekan emisi dari mobil-mobil diesel dan membuatnya lebih murah untuk dijalankan."
 

(CDX)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif