Kukang/ANTARA/Fiqman Sunandar
Kukang/ANTARA/Fiqman Sunandar

GMT Datang, Kukang Ikut Muncul dari Cabang Pohon

Nasional gerhana matahari total
Meilikhah • 09 Maret 2016 12:22
medcom.id, Bogor: Hewan nokturnal Kukang ikut merespons fenomena astronomi gerhana matahari total (GMT). Menurut penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terhadap Kukang Jawa dan Kukang Sumatra, hewan ini menunjukkan perubahan sikap saat GMT berlangsung.
 
Menurut peneliti mamalia Wartika Rosa Farida, pada pukul 05.00 WIB, kukang masih beraktivitas seperti biasa. Begitu waktu menunjukkan pukul 06.00 WIB, sinar matahari mulau muncul dan Kukang pun seketika diam.
 
"Saat gerhana matahari mulai muncul, Kukang juga ikut muncul dari kotak tidur atau cabang-cabang pohon di kandang pengamatan," kata Rosa di Gedung Widyasatwaloka, Pusat Penelitian Biologi LIPI, Bogor, Rabu (9/3/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rosa menjelaskan, puncak perubahan perilaku Kukang terjadi saat posisi matahari sudah berbentuk bulan sabit dan cahaya matahari yang masuk ke kandang Kukang berkurang. Intensitas cahaya yang mulai berkurang itu lah yang membuat perilaku Kukang langsung berubah.
 
"Puncaknya, matahari berbentuk bulan sabit Kukang kembali bangun dan terlihat terjaga, menoleh ke kanan-kiri. Diduga karena pengaruh pengurangan cahaya Kukang merasa matahari mulai gelap dan terjadi perubahan perilaku," kata Rosa.
 
Selain Kukang, pengamatan juga dilakukan terhadap satwa lain yakni Landak, Bajing, dan Oposum layang. Namun, dari hasil pengamatan, perubahan perilaku paling mencolok memang terjadi Kukang. Mamalia lain tampak tak terganggu dengan adanya gerhana matahari.
 

(OJE)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif