Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa. Medcom.id/Wanda Indana.
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa. Medcom.id/Wanda Indana.

KSAD Pastikan Enzo Tetap Lolos Seleksi Akmil

Nasional akademi militer
Wanda Indana • 13 Agustus 2019 13:44
Jakarta: Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memastikan Enzo Zenz Allie tetap menjadi calon prajurit taruna akademi militer (akmil). Enzo telah menjalani tes khusus indeks moderasi bernegara pekan lalu.
 
"Kami memutuskan mempertahankan Enzo dan semua taruna lainnya," kata Andika dalam konferensi pers di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Tes indeks moderasi bernegara itu dilakukan pada 10-11 Agustus 2019. Tes diikuti seluruh taruna Akmil, termasuk Enzo Zens Allie. Hasil tes pun dianalisis kemarin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kesimpulannya Enzo Zenz Allie dilihat dari indeks moderasi bernegara, itu ternyata kalau dikonversi menjadi persentase itu memiliki nilai 84 persen atau nilainya 5,9 dari maksimum 7. Jadi indeks moderasi bernegaranya cukup bagus," terang dia.
 
Baca:Moeldoko Minta TNI Lebih Selektif
 
TNI AD menjalankan rangkaian tes kepada calon taruna. Tes itu terdiri dari akademik, kesehatan jasmani, psikologi, mental, dan ideologi.
 
"(Indeks) ini sudah digunakan dan dikembangkan cukup lama. Akurasi dan validasinya bisa dipertanggungjawabkan," ujar dia.
 
Mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) itu tak akan mengklaim alat ukur yang mereka miliki itu sudah valid. Andika tetap membuka diri terhadap masukan selanjutnya.
 
"Kami membuka diri," tandas dia.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif