Melalui KAI Access, penumpang bisa membeli tiket kapan dan di mana saja (Foto:Dok)
Melalui KAI Access, penumpang bisa membeli tiket kapan dan di mana saja (Foto:Dok)

Pengguna KAI Access Bertambah 6.600 Orang per Hari

Nasional pt kai
Anggi Tondi Martaon • 09 Agustus 2019 10:18
Jakarta: Pengguna aplikasi KAI Access terus meningkat. Sejak dirilis pada 2014, jumlah pengguna yang telah melakukan registrasi per 29 Juli 2019 tercatat sebanyak 2.884.095.
 
Vice President E-Commerce PT Kereta Api Indonesia (KAI) Satriya Andoyo mengatakan, penambahan mencapai 6.600 orang per hari.
 
"Rata-rata kenaikan user sebesar 0,29 persen atau sekitar 6.600 orang setiap harinya," kata Satriya kepada Medcom.id, Selasa, 30 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peningkatan jumlah pengguna tersebut tak lepas dari berbagai kemudahan yang ditawarkan KAI Access.
 
Melalui KAI Access, penumpang bisa membeli tiket kapan dan di mana saja. Hal itu tentu sangat meringankan bagi penumpang karena tidak harus ke stasiun untuk memesan tiket perjalanan.
 
Penumpang juga tidak perlu mengantre untuk mencetak tiket boarding pass. Pengguna KAI Access cukup menunjukkan E-boarding pass dan kartu identitas diri saat memasuki stasiun.
 
"Adanya E-boarding pass ini PT KAI mendukung program go green, penumpang tidak perlu mencetak kertas boarding pass," kata Satriya.
 
Inovasi lain yang dilakukan oleh KAI, yaitu kemudahan mengubah jadwal atau pembatalan tiket. Fitur ini khusus untuk pelanggan yang membeli tiket melalui aplikasi KAI Access.
 
Fitur lainnya dari KAI Access ialah menyediakan daftar kereta dan stasiun yang akan dilalui. Caranya, pengguna cukup mengetik nama kota asal dan tujuan. Nanti akan muncul jadwal kereta menuju kota tujuan, serta stasiun yang dilewati.
 
"Sebagai contoh, saat penumpang dari Jakarta ingin menuju ke Surabaya, maka penumpang cukup menulis nama kotanya saja. Lalu, akan muncul semua kereta yang berangkat dari seluruh stasiun di Jakarta dengan tujuan stasiun-stasiun di Surabaya," katanya.
 
Untuk memikat calon penumpang, KAI Access memberikan tarif khusus harga tiket. Tarif tersebut berlaku bagi penumpang yang membeli tiket pada 1 atau 2 jam sebelum keberangkatan.
 
"Tarif ini berlaku untuk kereta komersial tertentu yang jaraknya relatif dekat," ujar Satriya.
 
KAI tak lekas berpuas diri. Sejumlah pembaruan akan terus dilakukan untuk semakin menyempurnakan KAI Access. Misalnya, membenahi sistem penjualan tiket.
 
"Diharapkan dapat lebih mempermudah penumpang dalam pembelian tiket baik di loket maupun secara online melalui KAI Access," kata Satriya.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif