Menag RI Lukman Hakim Saifuddin dalam rapat kerja dengan Komisi VIII di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta/ANTARA/Hafidz Mubarak.
Menag RI Lukman Hakim Saifuddin dalam rapat kerja dengan Komisi VIII di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta/ANTARA/Hafidz Mubarak.

Menag Bakal Klarifikasi Soal Pelegalan Poligami di Aceh

Nasional poligami
Damar Iradat • 08 Juli 2019 21:58
Bogor: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bakal mendalami soal rencana peraturan daerah atau qanun Provinsi Aceh terkait pelegalan poligami. Pasalnya, ia juga belum mengetahui secara rinci terkait rencana tersebut.
 
"Jadi kalau judulnya legalisasi poligami, kami harus klarifikasi terlebih dahulu, memangnya selama ini poligami enggak legal," kata Lukman di Istana Kepresidenan Bogor, Senin, 8 Juli 2019.
 
Ia menjelaskan, soal poligami sebetulnya juga sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Dalam aturan tersebut, poligami diperbolehkan dengan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dulu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pasal 3 ayat 2 dalam UU tersebut menyatakan, pengadilan bisa memberi izin terhadap seorang suami. Namun, keinginan berpoligami itu baru bisa diberikan apabila dikehendaki oleh pihak-pihak yang bersangkutan.
 
Selain itu, dalam Pasal 4 ayat 2 menyebut, pengadilan hanya memberikan izin kepada seorang suami yang beristri lebih dari seseorang apabila, istri tidak menjalankan kewajibannya sebagai istri, istri mendapat cacat badan atau penyakit yang tidak dapat disembuhkan, dan istri tidak dapat melahirkan keturunan.
 
Oleh karena itu, terkait hal tersebut, Lukman bakal meminta dokumen rencana peraturan daerah tersebut. Dokumen tersebut akan dipelajari lebih lanjut.
 
"Kami akan dalami dulu isinya, karena dokumennya kami belum tahu isi rancangan qanun seperti apa, kami masih belum tahu, aedang akan dalami terlebih dahulu apa kontennya apa substansi pengaturan regulasi itu," ujar Lukman.

 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif