Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar saat menghadiri Konvensi Minamata di Jenewa, Swiss. Foto: Dok. Kementerian LHK
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar saat menghadiri Konvensi Minamata di Jenewa, Swiss. Foto: Dok. Kementerian LHK

Indonesia Jadi Tuan Rumah Konvensi Minamata

Nasional pencemaran lingkungan
Theofilus Ifan Sucipto • 26 November 2019 09:05
Jakarta: Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah COP 4 Konvensi Minamata pada 2021. Konvensi bakal diikuti sejumlah negara sahabat dan membahas masalah merkuri.
 
"Bagi Indonesia penting menjadi tuan rumah di mana kompleksitas persoalan merkuri cukup tinggi," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar saat menghadiri Konvensi Minamata di Jenewa, Swiss, Senin 25 November 2019.
 
Siti menyebut merkuri menjadi perhatian serius negara-negara besar sejak 2015. Apalagi, kasus merkuri bersumber dari penambangan emas skala kecil dan kebanyakan ilegal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Joko Widodo juga memperhatikan penyakit Minamata. Pada 2017, Kepala Negara memerintahkan pencegahan dan mengatasi dampak merkuri.
 
"Ini sangat penting dalam rangka tekad pemerintahan Presiden Jokowi untuk lakukan pemulihan lingkungan," ujar Siti.
 
Politikus Partai NasDem itu yakin Indonesia mendapat banyak manfaat menjadi tuan rumah COP 4 Konvensi Minamata. Dia berharap acara tersebut berjalan dengan baik.
 
"Indonesia akan memetik manfaat dari berbagai acara internasional yang dilangsungkan di Indonesia,” pungkas Siti.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif