Cara Mencegah Korsleting Listrik Pemicu Kebakaran

Gervin Nathaniel Purba 22 Mei 2018 07:00 WIB
listrik
Cara Mencegah Korsleting Listrik Pemicu Kebakaran
Untuk mencegah korsleting listrik, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan (Foto:Dok)
Artikel ini disponsori oleh:






Jakarta: Hampir setiap tahun kebakaran rumah terjadi. Dalam hitungan menit, si jago merah bisa menghanguskan puluhan rumah. Korsleting listrik kerap menjadi pemicunya.

Beberapa kasus kebakaran bisa saja terjadi saat rumah ditinggal pemiliknya. Misalnya, saat sedang mudik Lebaran. Tentunya, kita tak menginginkan hal itu terjadi. Untuk mencegah korsleting listrik, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan.

1. Inspeksi Kabel Listrik

Lakukan pemeriksaan kabel listrik di rumah secara berkala. Apalagi jika rumah Anda tergolong tua, sudah waktunya mengganti ulang kabel listrik, terutama kabel alumunium yang lebih rentan terhadap api.

2. Steker dan Kerusakan Kabel

Kabel rusak menjadi salah satu penyebab utama kebakaran. Jika Anda menemukan kabel yang compang-camping atau sudah usang, segera ganti dengan kabel baru. Kabel dalam kondisi buruk dapat terlalu panas atau menyebabkan percikan api.

3. Beban Listrik Terlalu Besar

Overloading adalah penyebab umum kebakaran listrik. Ini terjadi ketika Anda menyambungkan terlalu banyak perangkat ke stopkontak, kabel ekstensi, atau soket ekstensi yang sama.

4. Jauhkan Bahan yang Mudah Terbakar

Alat listrik apa pun dapat muncul api jika terjadi kontak dengan bahan yang mudah terbakar, seperti selimut, handuk, dan karpet.

5. Kurangi Penggunaan Listrik yang Tidak Perlu

Selalu ingat untuk mematikan lampu/aliran listrik pada saat tidak dipakai atau akan meninggalkan ruangan/rumah.

6. Pilih Isolasi Listrik yang Terpercaya Kualitasnya



Sebagian besar orang tidak memerhatikan kualitas isolasi ketika menyambungkan kabel. Isolasi dengan kualitas buruk akan mudah terbakar karena tidak tahan suhu panas. Dalam penggunaannya, isolasi harus ditarik sedikit saat dililitkan pada kabel.

Agar Anda tenang saat meninggalkan rumah, pastikan menggunakan isolasi kabel yang tahan panas dari Scotch® Super 33+™ Vinyl Electrical Tape. Ini adalah isolasi kabel yang tahan abrasi yang menawarkan perlindungan listrik dan mekanis dengan kombinasi perekat karet-resin yang agresif dan dukungan PVC elastis.



Isolasi kabel hasil inovasi 3M ini sangat tahan terhadap sinar UV, kelembaban, asam, korosi, dan berbagai cuaca kondisi. Isolasi kabel listrik, Scotch® Super 33+™ Vinyl Electrical Tape berkelas premium dengan tebal 0.18 mm, tahan api dan semua cuaca untuk sambungan kabel hingga 600V. Isolasi ini dirancang untuk bertahan di rentang suhu -18°C sampai 105°C.

Untuk alternatif isolasi kabel listrik tahan api yang lebih ekonomis, dapat juga menggunakan 3M™ 1500 GU Vinyl Electrical Tape Black. Ini adalah pilihan ideal untuk menyediakan isolasi yang tahan terhadap tegangan rendah. Yuk, #DiscoverScience, cari tahu kelebihan lainnya dari produk 3M di sini. 

  track_getcraft track_getcraft



(ROS)