Sejumlah kendaraan terkena material abu vulkanik dari Gunung Anak Krakatu. Foto: Dokumen BNPB.
Sejumlah kendaraan terkena material abu vulkanik dari Gunung Anak Krakatu. Foto: Dokumen BNPB.

BNPB Imbau Warga Gunakan Masker saat Beraktivitas

Nasional Gunung Anak Krakatau
Whisnu Mardiansyah • 27 Desember 2018 04:38
Jakarta: Erupsi Gunung Anak Krakatau masih terus berlangsung menyemburkan material abu vulkanik. Masyarakat di sekitar Cilegon dan Serang diimbau menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.
 
Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugrogho menyampaikan, saat ini angin lebih dominan bertiup ke arah barat daya. Pada ketinggian tertentu angin bertiup ke arah timur sehingga dikhawatirkan membawa material abu vulkanik ke wilayah Cilegon dan Serang
 
"Untuk itu dihimbau mengurangi aktivitas di luar rumah. Tetap berada di dalam rumah. Jika berada di luar rumah sebaiknya memakai masker agar tidak mengganggu pernapasan dan pakai kacamata agar tidak kelilipan di mata," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 26 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sutopo bilang, hujan abu vulkanik mulai turun ke kawasan Cilegon dan Serang. Hal ini terlihat dari material abu yang menempel di permukaan tanah dan kendaraan warga.
 
"Di Cilegon dan sebagian Serang terjadi hujan abu dan pasir tipis. Abu terlihat di permukaan mobil yang diparkir dan permukaan tanah," ujarnya.
 
Sementara, hingga saat ini status Gunung Anak Krakatau masih Waspada (Level 2). Sesuai rekomendasi PVMBG, daerah berbahaya berada dalam radius 2 kilometer di puncak kawah.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif