Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni’am. Foto: Istimewa
Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni’am. Foto: Istimewa

Program Pemuda Desa Genjot Kreativitas

Nasional kepemudaan
30 Desember 2018 13:18
Jakarta: Program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) menjadi salah satu andalan Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam meningkatkan partisipasi pemuda membangun masyarakat. PMMD diharapkan bisa memberi dampak positif bagi pemuda yang tinggal di desa.

"Program ini bisa dijadikan forum silaturahmi para pemuda dari berbagai latar belakang. Kita bisa mendiskusikan banyak hal tentang problematika masyarakat," kata Irbannuha alumni program PMMD, melalui keterangan tertulis, Minggu, 30 Desember 2018.

Pemuda asal Jakarta Timur ini menjadi peserta PMMD pada 2018. Kini, ia aktif dalam sejumlah kegiatan, seperti seminar kepemudaan, kajian pemuda Islam, pelatihan desain produk 3D, pelatihan pemuda tangggap narkotika, dan turnamen olahraga. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Farman Adinata merasakan hal yang sama. Pemuda asal Desa Sungai Malaya, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kuburaya, Kalimantan Barat, ini merupakan peserta angkatan 2018. Menurutnya, PMMD telah banyak mengajarinya cara menggerakkan pemuda di kampung.  Berawal dari sosialisasi sampai pada program nyata pemberdayaan pemuda. “Alhamdullillah saat ini banyak kegiatan kepemudaan,” ujarnya. 

PMMD merupakan program Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora yang dipimpin Asrorun Ni’am. Program ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 20 Tahun 2017. 

Program ini merupakan pengembangan dari program Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP3). Tujuannya, yakni membangun pemuda yang berkarakter, berkemauan, mengembangkan kemandirian, dan mampu menggerakkan roda kehidupan masyarakat. 

Program ini menargetka 1.000-1.500 pemuda diberi pelatihan setiap tahunnya. Pada 2017 PMMD diikuti kurang lebih 1.500 anak muda di seluruh Indonesia. 

“Pemuda desa adalah aset sekaligus market leader atas potensi pemberdayaan ekonomi di lingkungannya. PMMD harus jadi inkubator ekonomi desa. Setidaknya investasi sumber daya manusia untuk menyiapkan pemuda mandiri,” kata dia.



(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi