Kebun Binatang Ragunan. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.
Kebun Binatang Ragunan. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.

Akhir Pekan Diprediksi Jadi Puncak Wisata Liburan Ragunan

Nasional lebaran
Faisal Abdalla • 06 Juni 2019 14:46
Jakarta: Taman Margasatwa (TM) Ragunan, Jakarta Selatan, mulai melayani pengunjung di musim libur Lebaran 2019. Lonjakan terbesar pengunjung TM Ragunan diprediksi terjadi pada akhir pekan ini.
 
"Kami perkirakan puncak kunjungan ke Ragunan itu antara tanggal Sabtu, dan Minggu, 8 atau 9 Juni. Itu perkiraan kami mencapai sekitar 150.000 pengunjung dalam satu hari," kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi TM Ragunan, Ketut Widarsana, ketika dikonfirmasi, Kamis, 6 Juni 2019.
 
Untuk menghindari penumpukan pengunjung yang terlalu banyak, Ketut mengimbau kepada masyarakat agar mencari alternatif tanggal di luar tanggal 8 dan 9 Juni. Ini juga untuk menjamin kenyamanan pengunjung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau harapan kita jumlah kunjungan itu merata ya. Jangan sampai terjadi lonjakan yang signifikan. Jadi merata gitu dari hari ke hari," ujar dia.
 
Namun demikian, Ketut menyebut pengelola TM Ragunan sudah berkoordinasi dengan sejumlah instansi untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Pihaknya juga sudah menyiapkan kantong parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan.
 
"Koordinasi sudah kami sampaikan ke instansi terkait, baik kepolisian, Dishub (Dinas Perhubungan), Satpol PP (Satuan Polisi pamong Praja) dan Damkar (pemadam kebakaran). Kami sudah lakukan itu. Itu semua bertujuan untuk membantu tugas pelayanan nanti," ujar dia.
 
Baca: Gajah Ragunan Ikut Makan Ketupat
 
TM Ragunan buka mulai mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Namun demikian, pengelola mengimbau pengunjung agar datang lebih pagi untuk menghindari penumpukan antrean di loket masuk.
 
"Pengunjung itu padat-padatnya itu sejak pukul 10.00 pagi sampai pukul 13.00 siang," tambah dia.
 
Kebun Binatang Ragunan pun memberlakukan pelayanan masa libur Lebaran selama 11 hari. Hal ini berlaku mulai hari ini hingga Minggu, 16 Juni 2019.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif