Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusup Singka. (Foto: Medcom.id/Kautsar Prabowo)
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusup Singka. (Foto: Medcom.id/Kautsar Prabowo)

Jemaah Calon Haji Diminta Mewaspadai Heat Stroke

Nasional Haji 2019
Kautsar Widya Prabowo • 02 Juli 2019 13:03
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau jemaah calon haji Indonesia mewaspadai cuaca ekstrem di Tanah Suci. Pada puncak musim haji nanti, cuaca di Arab Saudi diperkirakan mencapai 50 derajat celsius.
 
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusup Singka mengatakan terik matahari di Tanah Suci bisa menyebabkan jemaah haji terkena heat stroke atau sengatan panas. Untuk menghindarinya, jemaah diminta sering-sering mengonsumsi air mineral.
 
"Jangan menunggu haus. Panas itu tidak bisa dihindarkan dan jangan keluar ruangan jika tidak ada hal-hal penting," kata Eka di Gedung Adytama Kemenkes, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangan heat stroke membuat darah di dalam tubuh tidak dapat mengalir secara lancar sehingga membuat otak kesulitan mendapatkan asupan darah dan oksigen. Dampak paling parah, jemaah bisa meninggal.
 
Baca juga:Jemaah Haji Dilarang Sentuh Unta
 
"Lagi tenang kemudian jatuh. Dia bisa meninggal, namanya total organ failure; gagal ginjal, jantung dan sebagainya," jelasnya.
 
Berkaca pada 2015, heat stroke pernah dialami oleh sejumlah jemaah haji Indonesia. Sejak 2016 hingga kini Kemenkes berupaya aktif melakukan langkah-langkah preventif melawan serangan tersebut.
 
"Kenapa tetap berpotensi? Karena jemaah hajinya berbeda lagi, kita tetap harus ngomong lagi," tuturnya.
 
Selain melakukan imbauan dini, pemerintah juga menyiapkan alat pelindung diri (APD) bagi jemaah haji Indonesia. APD meliputi masker, topi, payung, air penyegar muka, kaca mata hitam hingga sandal untuk beraktivitas di luar ruangan.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif