Ilustrasi/Shutterstock
Ilustrasi/Shutterstock

Tren Okupansi Hotel Menurun Hingga 30%

Nasional Media Group pandemi covid-19 Konvergensi MGN Media Group News Summit Indonesia 2021
Sri Yanti Nainggolan • 28 Januari 2021 21:47
Jakarta: Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) membeberkan tren okupansi hotel selama pandemi. Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani menyebut bahwa tingkat okupansi hotel hanya 31,65 persen pada November 2020. 
 
"Rata-rata okupansi rendah dengan penurunan Average Room Rate sampai dengan 20-30 persen," kata Hariyadi dalam Media Group News (MGN) Summit 2021 Wonderful Indonesia: Reviving the Tourism Industry, Kamis, 28 Januari 2021.
 
Dia mencontohkan tingkat okupansi hotel di Bali. Menurut Hariyadi keterisian hotel hanya 10 persen dari total 160 ribu kamar di Pulau Dewata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, tren penurunan juga terjadi di sektor pariwisata, bahkan sejak 2019. Penurunan dari 303 juta wisatawan pada 2018 menjadi 275 juta pada 2019. Namun, devisa negara meningkat menjadi US$18,7 miliar pada 2019. 
 
"Ini akibat harga tiket mahal pada 2019, sementara data 2020 belum ada," kata dia. 
 
Menurut dia, peningkatan wisatawan pada 2020 hanya terjadi saat Oktober 2020. Pada libur panjang itu, jumlah pengunjung di beberapa destinasi wisata naik 54,25 persen. 
 
"Begitu selesai, drop lagi dan pariwisata dituding sebagai penyebab klaster covid-19 baru," ucap dia. 
 
MGN Summit merupakan hybrid event yang berupaya menemukan solusi di tengah pandemi. Acara yang mengambil tema 'Solusi Maju Bersama' ini menggabungkan konsep off air dan on air yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, hingga para ahli. 
 
Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari News Research Centre (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei ini menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit. 
 
Ada empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi (economic recovery), kesehatan masyarakat (public health), energi hijau (energy go green), dan pariwisata (tourism). Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang baru covid-19.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif