Investigasi Lion Air PK-LQP Bisa Dimulai
Black box diamankan dalam kontainer dan diangkut menuju KR Baruna Jaya I/Medcom.id
Jakarta: Penemuan black box Lion Air PK-LQP memberi titik terang pada proses investigasi. Kotak oranye milik pesawat yang jatuh di kawasan Karawang, Jawa Barat, Senin, 29 Oktober 2018 pagi, telah dievakuasi.

"Ini satu black box, sudah lengkap untuk melakukan proses investigasi," kata Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) SAR Lion Air PK-LQP Kolonel Iswarto saat dikonfirmasi, Kamis, 1 November 2018.

Baca: Benda Diduga Black Box PK-LQP Ditemukan


Black box ditemukan penyelam dari Batalyon Intai Amfibi TNI AL Sertu Hendra di kedalaman 30 meter perairan Karawang, Jawa Barat, Kamis pagi. Saat ini, kotak tersebut berada di Kapal Riset Baruna Jaya I.

"Alatnya menimbulkan reaksi, kami mendapatkan black box berwarna oranye," kata Hendra di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, Kamis, 1 November 2018.

Baca: 37 Keluarga Diminta Melengkapi Data Antemortem

Sebanyak 850 personel tim gabungan mencari black box sejak pagi. Belum bisa dipastikan apakah black box yang ditemukan berupa flight data recorder atau cockpit voice recorder.

Ping locater diketahui sejak Rabu, 31 Oktober 2018. Bunyi 'ping' diduga berasal dari kotak hitam tersebut ditangkap pada kedalaman 32 meter dan berasal dari dua objek.

Black box merupakan alat yang mampu merekam audio seluruh kegiatan di dalam pesawat. Audio yang terekam untuk mengetahui menit-menit akhir sebelum pesawat mengalami musibah.





(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id