Hadi Pranoto (Foto: Antara/Arif Firmansyah)
Hadi Pranoto (Foto: Antara/Arif Firmansyah)

Obat Covid-19 Hadi Pranoto Tak Kantongi Izin BPOM

Nasional Virus Korona Hadi Pranoto
Kautsar Widya Prabowo • 10 Agustus 2020 15:49
Jakarta: Obat herbal virus korona (covid-19) milik Hadi Pranoto dipastikan tak mengantongi izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM masih menginvestigasi persoalan ini.
 
Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, Maya Gustina Andarini, menyebut dari video yang beredar di media sosial, botol obat herbal milik Hadi tidak sesuai prosedur. Botol tersebut tidak mencantumkan nama produk hingga komposisinya.
 
"BPOM tidak mungkin memberikan izin edar untuk obat yang botolnya polosan. Harus ada nama produk, komposisi, tanggal kedaluwarsa, nomor batch, nomor izin edar dan produsennya siapa," tegas Maya dalam diskusi virtual, Senin, 10 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, obat herbal harus menjelaskan apakah aman dikonsumsi oleh perempuan hamil dan anak-anak. Maya meminta masyarakat harus lebih waspada mengonsumsi obat herbal yang diklaim mampu menyembuhkan virus korona.
 
"Kalau labelnya minimalis, hanya ada merek atau cara pakai, tapi gak ada komposisi dan lain-lain, jangan dikonsumsi," kata dia.
 
Baca: Pemalsu Surat Covid-19 di Bandara Soetta Ditangkap
 
Sebelumnya, musisi Erdian Aji Prihartanto atau kerap disapa Anji, mengunggah sebuah video terkait obat covid-19 dalam akun YouTube Dunia Manji. Video itu menuai kontroversi dan menjadi perbincangan di lini masa.
 
Pasalnya, video yang diunggah Sabtu 1 Agustus 2020 itu, mengklaim obat herbal sebagai pencegah covid-19. Obat bernama 'Antibodi Covid-19' itu diklaim seorang yang mengaku profesor dan pakar mikrobiologi, Hadi Pranoto.
 
Hadi menjadi narasumber dalam video tersebut. Namun video itu kini telah dihapus oleh pihak YouTube setelah ramai-ramai dilaporkan oleh warganet.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif