Ilustrasi
Ilustrasi

Serangga Juga Ikut Nikmati GMT

Nasional gerhana matahari total
Meilikhah • 09 Maret 2016 14:34
medcom.id, Bogor: Fenomena gerhana matahari total (GMT) tak cuma dinikmati manusia. Beberapa jenis satwa ikut merasakan fenomena astronomi itu dengan caranya sendiri. Salah satunya, serangga.
 
Pusat Penelitian Biologi LIPI memanfaatkan momen tersebut untuk mengamati perilaku serangga. Salah satu pengamatannya dilakukan di pusat penelitian biologi Role Rindu, Palu.
 
"Di Palu ada serangga Tonggeret. Tonggeret memang mengeluarkan bunyi-bunyian pada malam hari, termasuk saat gerhana matahari. Sedangkan saat ada sinar matahari dia cenderung diam," kata salah satu peneliti, Sigit Wiantoro, melalui sambungan telepon langsung dari Palu di Gedung Widyasatwaloka, Pusat Penelitian Biologi LIPI, Bogor, Rabu (9/3/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain Tonggeret, ada pula serangga Kumbang Kotoran. Kumbang Kotoran, kata dia, masuk dalam jenis satwa diurnal atau beraktivitas pada siang hari atau saat mendapatkan cahaya matahari. Serangga ini juga menunjukan perilaku tak biasa saat gerhana matahari berlangsung.
 
"Kumbang kotoran biasanya aktif pada pagi hari. Dia mendorong kotorannya dan menggulung-gulung kotoran itu. Begitu matahari tertutup si Kumbang masuk lagi ke lubang, ke tanah, dikira siangnya berakhir. Setelah matahari muncul, aktif lagi," katanya.
 
Sementara untuk jenis amfibi, menurut Peneliti Amir Hamidi, beberapa jenis amfibi memberikan respons positif saat gerhana matahari muncul. Sedikitnya ada tiga spesies amfibi yang diteliti di Role Rindu, di antaranya Katak Macro Chilla, Katak Sawah, dan Kodok Buduk.
 
"Respons positif Makro Chilla ketika pagi diam, bersuara biasanya malam hari. Sementara Katak atau Kodok Buduk sembunyi dan berlindung ketika malam. Itu juga yang terjadi saat gerhana matahari," kata Amir.
 
Hal serupa juga terjadi pada Burung Raja Udang atau King Fisher. Burung Raja Udang aktif di siang hari, ketika gerhana matahari, langit menjadi gelap dan membuat Raja Udang memilih tak beraktivitas dan sembunyi.
 

(OJE)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif