Kebakaran rumah warga dan satu ruko onderdil mobil di wilayah Kebon Kelapa, Gambir, Jakpus. Foto: Medcom.id/Christian
Kebakaran rumah warga dan satu ruko onderdil mobil di wilayah Kebon Kelapa, Gambir, Jakpus. Foto: Medcom.id/Christian

Kebakaran Puluhan Rumah di Gambir, Api Masih Sulit Dipadamkan

Nasional kebakaran DKI Jakarta Listrik Pemadam Kebakaran
Christian • 24 April 2022 13:35
Jakarta: Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Asril Rizal menyebut ada tiga faktor penyebab petugas kesulitan dalam memadamkan kobaran api di Jalan Batu Ceper V, RW 01, Kelurahan Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat.
 
"Listrik masih menyala, sumber air ke lokasi yang terbakar jauh, dan bahan yang mudah terbakar," ucap Asril Rizal melalui sambungan telepon, Minggu 24 April 2022.
 
Asril menyebut petugas cukup kesulitan dalam proses pemadaman kebakaran yang menghanguskan 30 rumah dan satu ruko yang berlantai 4 itu. Terlebih, petugas PLN datang terlambat dalam memutuskan listrik di lokasi kebakaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Petugas PLN datangnya terlambat, jadi kita terhambat dalam padamkan api. Kalai listrik masih menyala dan kita langsung padamkan itu sangat berbahaya nanti bisa petugas yang menjadi korban karena kesetrum," kata Asril.
 
Baca: Puluhan Rumah dan Ruko di Gambir Ludes Terbakar
 
Asril mengatakan dugaan sementara penyebab kebakaran karena hubungan arus pendek atau korsleting listrik. Petugas yang diterjunkan mencapai 13 personil dan 30 unit mobil pemadam kebakaran.
 
"Luas area yang terbakar mencapai 500 meter persegi, ada 30 rumah, dan satu ruko. Ada 30 Kepala Keluarga (KK) dan 70 jiwa yang kehilangan tempat tinggal. Kebakaran meliputi RW 01 di RT 01, 04, 06, 16," tutupnya.
 
Sebelumnya diberitakan puluhan rumah warga dan satu ruko onderdil mobil di wilayah Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, terbakar. Penyebab kebakaran masih diselidiki.
 
"Masih membara ini apinya, kita belum tahu asal api dari mana. Ada yang bilang dari rumah warga dan ada yang bilang dari toko onderdil mobil," kata Camat Gambir Fauzi saat dihubungi Medcom.id, Minggu, 24 April 2022.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif