Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

MGN Summit Indonesia 2021: Kehadiran Vaksin dan Harapan Menanggulangi Pandemi Covid-19

Nasional Media Group pandemi covid-19 Konvergensi MGN Media Group News Summit Indonesia 2021
Fachri Audhia Hafiez • 18 Januari 2021 17:17
Jakarta: Indonesia tengah membangun optimisme untuk menanggulangi pandemi covid-19. Kehadiran vaksin menumbuhkan harapan masyarakat untuk keluar dari pandemi setahun terakhir.
 
Pemerintah telah mendatangkan jutaan dosis vaksin asal Tiongkok yang diproduksi Sinovac Biotech Ltd. Proses vaksinasi pun telah dimulai sejak 13 Januari 2021.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang disuntik program vaksin nasional perdana itu. Namun, program ini masih memerlukan waktu dan menciptakan herd immunity.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain mendatangkan vaksin dari luar negeri, Indonesia memproduksi vaksin berjuluk Merah Putih. Vaksin yang sedang dikembangkan ini merupakan kerja sama antara Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, PT Bio Farma Persero, dan Sinovac dari Tiongkok.
 
Pemerintah menargetkan vaksin tersebut bisa diproduksi dan digunakan pada triwulan I tahun ini. Indonesia optimistis mampu memproduksi vaksin secara mandiri.
 
Vaksin covid-19 menjadi salah satu concern yang akan dibahas dalam Media Group News (MGN) Summit: Indonesia 2021 yang mengusung tema Publick Heath: Vaccine What to Expect?. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada 27-28 Januari 2021.
 
Tema ini nantinya akan dimoderatori oleh Ketua Dewan Redaksi Media Group News, Usman Kansong. Adapun narasumber dan panelis di antaranya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio, dan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.
 
MGN Summit: Indonesia 2021 merupakan sebuah hybrid event. Acara ini menggabungkan konsep off air dan online yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, dan para ahli.
 
Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari News Research Centre (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei akan menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit.
 
Ada empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi, kesehatan masyarakat, energi hijau, dan pariwisata. Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang covid-19.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif