Metro TV
Metro TV

HUT ke-19, Metro TV Terus Menebar Inspirasi

Nasional hut metro tv
Muhammad Syahrul Ramadhan • 24 November 2019 07:00
Jakarta: Metro TV akan genap berusia 19 tahun pada 25 November mendatang. Tema perayaan hari ulang tahun yang diangkat kali ini yakni menebar inspirasi.
 
Sebagai stasiun televisi berita pertama, Metro TV ingin terus menjadi inspirasi bagi seluruh kalangan masyarakat. Putra Nababan, mantan Pemimpin Redaksi Metro TV pun membagikan catatannya bagaimana Metro TV menjadi stasiun televisi yang menginspirasi. Menurut Putra sejak berdiri pada 1999 dan mengudara pada 25 November 2000 Metro TV selalu memberi inspirasi dan hal itu merupakan jati diri Metro TV.
 
"Dalam sejarahnya sejak dibangun oleh Pak Surya Paloh sampai sekarang selalu memberi inspirasi kepada Indonesia, dalam berbagai konteks, baik itu perdana usia setelah 10 tahun, inspirasi itu berjalan. Tepat tagline menginspirasi itulah jati diri Metro tv," kata Putra Nababan saat dihubungi Medcom.id, Jakarta, Sabtu, 23 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Putra mengatakan menginspirasi bukan hanya menebar hal-hal positif kepada pemirsa. Namun juga mempunyai dampak dan pengaruh terhadap bangsa dan negara.
 
"Artinya menginspirasi konten-konten inspiratif bisa menggugah banyak orang menghadirkan ide-ide segar bagi masyarakat terus juga koreksi terhadap operasional pemerintahan politik dan ekonomi," tutur pria kelahiran Jakarta ini.
 
Putra juga menyoroti tantangan bagi Metro TV. Menurut Putra saat ini pemirsa mulai beralih ke media digital ketimbang menikmati siaran konvensional. 
 
Tantangan tersebut harus segera dijawab Metro TV untuk menyebarkan informasi dan pemberitaan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat tetap mengkonsumsi berita-berita yang bernilai tinggi dan dipercaya.
 
"Harus mampu melalui platform berbeda. Karena zaman sudah berubah orang memang tetap mengkonsumsi berita dari televisi tapi belum tentu dari medium tv harus dijawab oleh Metro TV. Tentu dengan style pemberitaan editorial khas Metro TV yang memang terbukti disukai masyarakat," ujar pria 45 tahun ini.
 
Secara terpisah, Elman Saragih yang juga pernah menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Metro TV pada 2008 pun mengatakan hal yang sama. Ia bilang  Metro TV memiliki peran yang besar dalam meberikan inspirasi bagi masyarakat Indonesia.
 
"Sebagai TV berita satu-satunya, Metro Tv memiliki peran penting dalam memberikan informasi kepada publik" ujar Elman kepada Medcom.id.
 
Menurut Elman salah satu hal yang paling menarik saat itu yakni Metro TV punya nyali untuk mengambil resiko membokar kasus Muhammad Nazaruddin, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat.
 
"Kita berani membongkar kasus Nazaruddin. Itu sangat dahsyat saat itu. Orang-orang kaget Metro TV menjadi TV pertama yang membongkar kasus itu, yang membuka wawancara terhadap Nazaruddin," tutur Elman.
 
Lebih jauh Elman menambahkan, zaman terus berubah, ada banyak tuntutan yang harus diatasi. Salah satunya yakni makin banyaknya kompetitor penyebar informasi.
 
"Sekarang metro TV memiliki banyak saingan karena informasi sekarang bukan hanya dari Metro TV saja. Banyak media-media termasuk media sosial. Oleh karena itu Metro TV harus siap menghadapi persoalan itu" imbuh Elman.
 
Namun demikian, ia berpesan meskipun saat ini terjadi perubahan zaman namun Metro TV tidak boleh mengubah nilai-nilai aktualitas, faktualitas dalam menyajikan pemberitaan. Sehingga ke depan Metro TV akan tetap menjadi stasiun televisi berita yang terus menginspirasi masyarakat. (Hartono Ardi Lase)
 
(SCI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif