Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial, Ade Komara Mulyana. Foto: Medcom.id/ Zakaria Habib.
Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial, Ade Komara Mulyana. Foto: Medcom.id/ Zakaria Habib.

Indonesia-Malaysia Sepakati Dua Batas Wilayah di Kalimantan

Nasional indonesia-malaysia perbatasan
Cindy • 16 November 2019 21:34
Jakarta: Indonesia dan Malaysia bakal menandatangani kesepakatan batas wilayah pekan depan. Kesepakatan terkait dua titik daerah Outstanding Boundary Problem (OBP) di perbatasan dekat Kalimantan.
 
"Dua OBP sudah disepakati betul dan akan ditandatangani MoU minggu depan di Kuala Lumpur," ucap Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah Badan informasi Geospasial (BIG) Ade Komara Mulyana di sebuah diskusi kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu, 16 November 2019.
 
Ade menjelaskan awalnya ada sembilan titik daerah OBP dengan luas 2.000 km batas darat di Kalimantan. Sembilan OBP itu dibagi menjadi wilayah bagian barat dan timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dua dari sembilan OBP sudah disepakati sebagai batas wilayah Indonesia dan Malaysia. Penandatanganan dua daerah OBP ini meliputi Sungai Simantipal dengan luas wilayah sengketa kurang lebih 4.500 hektare dan segmen C500-600 seluas 400 hektare.
 
Ade melanjutkan lima dari sembilan OBP mulai menemui titik terang. Tiga daerah OBP berada di sebelah utara Kalimatan Utara.
 
"Segmen ketiga yang titik terang yaitu di Pulau Sebatik. Di situ ada rumah terbelah dua oleh garis perbatasan dan belum disepakati karena masih menjadi sengketa," terang Ade.
 
Lanjutnya, Pulau Sebatik ini sudah disepakati secara teknis. Pilar yang dulunya dibangun antara Inggris dan Belanda dihancurkan dan diganti dengan hasil kesepakatan tahun ini.
 
Lalu, dua daerah OBP yang menemui titik terang berada di Sungai Sinapat Sesar. Di sana akan dilakukan pengukuran ulang untuk disepakati titik koordinat antara dua belah pihak.
 
"Baru ditentukan ini masuk Malaysia atau Indonesia. Ini akan kami lakukan tahun depan tapi metodologi sudah kita sepakati," imbuh Ade.

 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif