Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Jumlah Daerah PPKM Level 3 dan 4 Meningkat

Indriyani Astuti • 01 Maret 2022 08:39
Jakarta: Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang di dalam dan luar Pulau Jawa-Bali. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA mengatakan ada kenaikan jumlah wilayah yang masuk dalam PPKM level 3 dan 4.
 
"Secara objektif, kalau kita lihat memang jumlah daerah di Level 3 dan 4 mengalami peningkatan, itu karena syarat vaksinasi yang kita perketat," ujar Safrizal dalam keterangan tertulis, Selasa, 1 Maret 2022.
 
Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 13 Tahun 2022 mengatur untuk wilayah Jawa dan Bali, tenggat waktu target vaksinasi ditiadakan. Namun, pemerintah daerah harus meningkatkan target vaksinasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inmendagri itu juga mengatur penambahan jumlah daerah yang berada pada level 4, dari semula empat daerah menjadi tujuh. Ketujuh daerah itu, Kota Cilegon, Kota Sukabumi, Kota Cirebon, Kota Tegal, Kota Salatiga, Kota Magelang, dan Kota Madiun. 
 
Daerah masuk PPKM level 3 juga meningkat dari 99 daerah menjadi 108. Daerah berstatus level 2 menurun dari 25 menjadi 13. Belum ada daerah yang berstatus PPKM level 1.
 
"Tapi kita optimistis bahwa tren peningkatan tersebut akan menurun mulai minggu depan sejalan dengan pelandaian kasus terkonfirmasi," ujar Safrizal.
 
Baca: PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 14 Maret
 
Ia menjelaskan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 14 untuk wilayah Luar Jawa- Bali mengatur penilaian level daerah pada perpanjangan PPKM di luar Jawa-Bali masih menggunakan indikator vaksinasi. Khususnya, capaian total vaksinasi dosis kedua dan vaksinasi dosis pertama untuk lansia.
 
Ia menegaskan percepatan vaksinasi perlu dilakukan. Khususnya, bagi daerah yang belum mencapai 70 persen untuk dosis pertama, dan 50 persen dosis kedua.
 
Safrizal menyampaikan ada peningkatan jumlah daerah di luar Jawa-Bali dengan status level 3, dari 118 menjadi 320 daerah. Sedangkan, daerah PPKM level 2 turun dari 205 menjadi 63 daerah. Daerah PPKM level 1 menurun, dari 63 menjadi tiga daerah.
 
Safrizal menyebut perpanjangan PPKM di Jawa-Bali ditetapkan hingga 7 Maret 2022. Sedangkan, PPKM di luar Jawa-Bali diperpanjang hingga 14 Maret 2022.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif