Tersangka akses ilegal Adam Deni. Foto: Instagram Pribadi.
Tersangka akses ilegal Adam Deni. Foto: Instagram Pribadi.

Adam Deni Pertanyakan Siapa Pelapornya

Siti Yona Hukmana • 03 Februari 2022 19:02
Jakarta: Pegiat media sosial (medsos) Adam Deni ditetapkan tersangka kasus akses ilegal. Namun, Adam Deni belum tahu sosok pelapornya.
 
"Nah, itu yang masih ingin kami tanyakan ke penyidik, laporannya kan atas nama inisial ya SYD," kata kuasa hukum Adam, Susandi di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 3 Februari 2022. 
 
Dia menunggu penjelasan dari pihak kepolisian. Susandi emoh menebak-nebak. Dia juga tak ingin menyebut pelapor diduga seorang anggota DPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya enggak berani ngomong, karena pihak Polri (saja), kami takut salah bicara ke teman-teman media," ujar dia. 
 
Baca: Baru Semalam Menginap di Rutan, Adam Deni Disebut Sakit
 
Susandi juga mengaku tak tahu dokumen yang diambil dan diunggah kliennya di media sosial (medsos). Hanya, dia mengakui mendapat informasi dokumen itu terkait dengan Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Syahroni.
 
"Semua sudah dengar ada kaitan dengan Bang Syahroni, tapi kami juga belum tau apakah betul-betul ada keterkaitan dengan beliau, saya belum bisa jawab, nanti kalau teman-teman penyidik polisi sudah kasih kesimpulan ke kami baru kami bisa jawab," ucapnya. 
 
Adam Deni ditangkap pada Selasa, 1 Februari 2022, pukul 19.00 WIB. Dia dinilai melakukan tindak pidana lantaran mengunggah dan mentransmisikan dokumen elektronik milik orang lain tanpa izin.
 
Baca: Takut Kena Covid-19, Adam Deni Minta Dibebaskan dari Ruang Tahanan
 
Adam langsung menyandang status tersangka. Kemudian, dia ditahan pada Rabu sore, 2 Februari 2022. Adam ditahan selama 20 hari pertama di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bareskrim Polri. 
 
Adam Deni dijerat Pasal 48 ayat 1, 2, 3 Juncto (Jo) Pasal 32 ayat 1, 2, dan 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara. 
 
Penyelidikan kasus berawal saat polisi menerima laporan bernomor LP/B/0040/I/2022/SPKT/Direktorat Tindak Pidana Siber tanggal 27 Januari 2022. Pelapor Adam Deni berinisial SYD teranyar disebut bernama Suyudi.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif