Sekelompok polisi bersiaga usai menangkap empat anggota grup pejuang rakyat di Buenavista Tomatlan, Meksiko -- ALFREDO ESTRELLA / AFP
Sekelompok polisi bersiaga usai menangkap empat anggota grup pejuang rakyat di Buenavista Tomatlan, Meksiko -- ALFREDO ESTRELLA / AFP

Meksiko Sahkan RUU Pengadilan Sipil untuk Anggota Militer

Nasional politik meksiko
Willy Haryono • 25 April 2014 13:38
medcom.id, Kota Meksiko: Dewan Senat Meksiko menyetujui Rancangan Undang-undang Perubahan terhadap kode keadilan militer. Lewat amendemen ini, anggota militer yang melakukan kejahatan terhadap warga dapat diseret ke persidangan sipil.
 
Amendemen ini disetujui lewat 106 suara. Seperti dilansir AP, Kamis (24/4/2014), RUU Perubahan ini sesuai dengan rekomendasi Pengadilan Hak Asasi Manusia Inter-Amerika pada 2010.
 
Kode militer Meksiko selama ini menyebut setiap kejahatan yang dilakukan anggotanya merupakan pelanggaran disiplin. Kebijakan dikritik aktivis HAM, yang mengatakan kode tersebut membuat kasus kekerasan, penyiksaan dan pembunuhan oleh prajurit diambil alih militer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Senator Fernando Yunes, anggota Komisi Pertahanan Nasional Meksiko, berharap amendemen ini membantu memodernisasi Kode Keadilan Militer.
 
"Ini akan membuat angkatan bersenjata mempunyai kerangka regulasi untuk memperkuat diri, sehingga aksi mereka dilakukan dengan menghormati sepenuhnya hak asasi manusia," tutur Yunes.
 

(WIL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif