Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan RISHA. Foto: Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan RISHA. Foto: Biro Pers Setpres

Jokowi Tinjau Pembangunan Rumah Tahan Gempa

Nasional presiden jokowi Gempa Lombok
Siti Yona Hukmana • 18 Oktober 2018 19:57
Sumbawa Barat: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan rumah tahan gempa bagi masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat. Rumah tersebut dinamakan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA).
 
Rumah itu dibangun dengan cepat dan didesain untuk mampu menahan guncangan gempa besar. Karakteristik pembangunan rumah seperti itu yang saat ini dibutuhkan masyarakat Lombok pascaribuan rumah ambruk akibat gempa.
 
"Ini salah satu rumah yang telah dibangun (struktur konstruksi). Tadi saya tanya ke pemilik baru empat hari dibangun. Artinya memang cepat sekali," ujar Jokowi saat meninjau di lokasi pembangunan RISHA di Kecamatan Pototano, Kabupaten Sumbawa Barat melalui keterangan tertulis, Kamis, 18 Oktober 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi menyaksikan sejumlah rumah yang dibangun dengan menggunakan teknologi RISHA. Sejumlah rumah sudah berdiri tegak dengan struktur bangunan beserta rangka atap yang hampir diselesaikan.
 
Jokowi sempat bertanya harapan pada para pemilik rumah RISHA. Pemilik menuturkan dirinya ingin agar pembangunan rumahnya dapat selesai dengan cepat agar bisa langsung dihuni .
 
"Saya tadi tanya ke pemilik kenapa membangunnya rumah ini? Biar cepat selesai, selesai dihuni. Saya rasa semua inginnya seperti itu," ucap Jokowi menirukan.
 
Pemerintah menawarkan pembangunan RISHA agar bisa dihuni lebih cepat namun pilihan tergantung kepada masyarakat Lombok. Apakah bersedia menggunakan RISHA atau membangun rumah konvensional dengan kayu atau bahan-bahan lainnya.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan apapun pilihannya yang terpenting tetap membangun dengan konstruksi yang tahan goncangan gempa. "Rakyat diberikan pilihan-pilihan. Silakan memilih yang RISHA atau yang konvensional pakai kayu. Pililihan itu silakan rakyat yang menentukan," ujar dia.
 
Orang nomor satu di Indonesia itu berharap masyarakat Lombok dapat segera kembali membangun dan menghuni tempat tinggalnya. Apalagi pemerintah baru saja melakukan penyederhanaan prosedur pencairan dana bantuan.
 
Dengan demikian masyarakat dapat lebih mudah mencairkan dana bantuan untuk membangun kembali rumah mereka. "Sekarang ini yang sudah pegang tabungan itu sudah bisa mencairkan dengan hanya satu prosedur," pungkas Jokowi.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif