Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Protokol Kesehatan Senjata Memerangi Covid-19

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 Protokol Covid-19 protokol kesehatan Ingat Pesan Ibu Satgas Covid-19
Achmad Zulfikar Fazli • 10 Oktober 2020 15:26
Jakarta: Sosialisasi penerapan protokol kesehatan3M atau memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan harus menjadi prioritas utama di setiap daerah. Karena penerapan protokol kesehatan merupakan hal mutlak untuk mencegah penularan virus korona.
 
"Sosialisasi protokol kesehatan harus menjadi program prioritas pemerintah daerah karena saat ini belum ada vaksin atau obat yang ditemukan untuk menangani covid-19, sehingga protokol kesehatan merupakan satu-satunya senjata kita dalam memerangi covid-19," ujar Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 bersama jajaran Pemerintah Provinsi Bali, Jumat, 9 Oktober 2020.
 
Pemerintah daerah bisa memanfaatkan tokoh dan desa adat untuk menyosialisasikan protokol kesehatan. Terlebih, peran tokoh dan desa adat sangat kuat di daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bali dikenal dengan peran tokoh dan desa adat yang kuat, mari bersama-sama untuk memberikan pemahaman pentingnya protokol kesehatan dalam beradaptasi dengan situasi pandemi covid-19," ujar dia.
 
Baca: Disiplin 3M Kunci Utama Selamat Dari Covid-19
 
Doni mengatakan penggunaan kearifan lokal dalam memberikan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan di daerah agar masyarakat memahami secara menyeluruh pesan yang disampaikan oleh pemerintah pusat maupun daerah.
 
"Misalnya, setiap pesan atau program dari pemerintah pusat dapat diterjemahkan ke bahasa daerah setempat sehingga masyarakat dapat memahami secara menyeluruh tentang pesan yang disampaikan,” ungkap Doni.
 
Doni menyampaikan seluruh pihak mampu menjadi pahlawan kemanusiaan, termasuk media. Peran media sebagai pemberi informasi menjadi sangat penting dalam upaya mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan.
 
"Semua bisa jadi pahlawan, bahkan media juga bisa menjadi pahlawan kemanusiaan. Peran media dalam mengedukasi masyarakat dapat menjadi salah satu strategi dalam memperkuat masyakarat sebagai garda terdepan dalam penanganan covid-19 dengan kepatuhan menerapkan protokol kesehatan," tutur Doni.
 
Gubernur Bali I Wayan Koster mengapresiasi respons dan langkah cepat Satgas Penanganan Covid-19 dalam memenuhi setiap aspek kebutuhan daerah pada setiap proses penanganan virus korona. Kolaborasi pemerintah daerah bersama unsur TNI, Polri serta tokoh adat terus digencarkan untuk menekan kasus positif yang ada di Bali.
 
Satgas Covid-19 baru-baru ini mengampanyekan #ingatpesanibu. Pemerintah berharap kampanye ingat pesan ibu efektif mengajak masyarakat disiplin menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
 
Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif