Kementan Gelar Bazar Pangan Murah Jelang Lebaran
Bazar pangan murah Kementerian Pertanian.
Jakarta: Dua minggu menjelang lebaran, Toko Tani Indonesia (TTI) Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar bazar murah di sejumlah titik di Jakarta. Antara lain, di Kementerian Pertanian, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Lapangan Apel Mapuspomad, dan Lapangan Walikota Jakarta Selatan.

Manager TTI Inti Pertiwi mengatakan, total ada 101 lokasi yang menggelar pasar pangan murah. Sebanyak 44 lokasi pasar bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DKI, 37 lokasi bekerja sama dengan Pasar Jaya.

"Dalam gelar pangan murah, TTI menyediakan bahan pangan pokok kebutuhan masyarakat  dengan harga murah berkualitas selama ramadan 1439 H," kata Titi melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 1 Juni 2018. 


Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi mengatakan, kegiatan ini sengaja dihadirkan untuk memudahkan masyarakat memperoleh bahan pangan. Ia berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan berkualitas yang lebih murah. "Karena produknya masih fresh langsung dari petani."

Menurut Agung, harga di TTI bisa lebih murah karena mata rantai distribusi pangan telah dipangkas. Ia memerinci, komoditas yang dijual TTI antara lain beras seharga Rp 8.500 per kilogram, bawang merah Rp25 ribu per kilogram, bawang putih Rp15 ribu per kilogram, daging sapi Rp75 ribu per kilogram, dan daging ayam Rp 32 ribu per kilogram.

"Di berbagai lokasi bazar, stand TTI selalu dipadati pengunjung dan mendapat antusiasme luar biasa. Misalnya di Puspomad, beras sebanyak  500 kilogram terjual habis dalam waktu kurang dari satu jam," kata Agung.

Salah satu pengunjung, Sri Astuti, mengapresiasi kegiatan ini. Ia pun memborong sejumlah bahan pangan dengan harga lebih murah. 

"Jadi sekalian saya beli beras, bawang sama daging. Saya sangat terbantu dengan bahan pangan yang di jual TTI," kata Sri.

Kepala POM-AD Rudi Yulianto juga mengapresiasi juga mengapresiasi program ini. "Gelar Pangan Murah ini sangat membantu masyarakat. Kami  berharap TTI dapat kembali hadir pada kegiatan berikutnya," ucap Rudi. 

Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi, juga senada. Ia menyebut kegiatan ini terasa manfaatnya bagi warga. "Di lokasi ini, komoditas yang paling diminati pengunjung adalah bawang merah dan bawang putih yang langsung habis terjual pada saat acara baru dibuka,"ucap Tri.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id