Polisi Amankan Lagi Narapidana Aceh yang Kabur

Sunnaholomi Halakrispen 01 Desember 2018 00:53 WIB
tahanan kabur
Polisi Amankan Lagi Narapidana Aceh yang Kabur
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Jakarta: Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan polisi telah mengamankan satu lagi narapidana yang kabur. Kini, total 26 dari 113 napi yang kabur dari Lapas Kelas II A Lambaro Banda Aceh telah diamankan.

"Ditangkap 26 itu. Kemudian Polda Aceh sudah koordinasi dengan Lapas, dari 87 orang belum ditangkap, akan dicek ulang dan diinventarisir," ujar Dedi di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat, 30 November 2018.

Terkait situasi di lapas, Dedi memastikan bahwa kondisi telah kondusif. Ia bilang tidak ada tanda-tanda kerusuhan pascakaburnya 113 narapidana itu.


"Kapolda Aceh mengecek langsung, secara umum kondisi sudah kondusif," tutur dia.

Selain itu jajaran Kepolisian Daerah (Polda) dan Kepolisian Resor (Polres) setempat akan melakukan razia. Operasi dilakukan di beberapa tempat, seperti di terminal, bandara, dan akses jalan lain yang dicurigai sebagai tempat persembunyian para napi buron.

"Polres juga melakukan pengejaran 87 orang itu," tutur dia.

Sementara itu, Dedi enggan menanggapi informasi beredar terkait adanya peristiwa pembakaran mobil polisi oleh napi yang melarikan diri. Ia menyerahkannya kepada Direktorat Pemasyarakatan (Dirjen PAS) selaku pemegang kewenangan Lapas.

Sebelumnya, sebanyak 113 narapidana di lapas tersebut yang melarikan diri Kamis malam dan menyebabkan kaca jendela hancur akibat kerusuhan yang dilakukan narapidana. Hingga kini belum diketahui penyebab kerusuhan Lapas Kelas IIA Banda Aceh tersebut.

Namun, kerusuhan ini bukan yang pertama kali terjadi. Pada awal 2018, kerusuhan yang lebih besar pecah di Lapas Kelas IIA Banda Aceh. Ratusan narapidana membakar bangunan kantor penjara.



(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id