Asap dan abu vulkanik keluar dari kawah Gunung Agung. Foto: Antara/Nyoman Budhiana.
Asap dan abu vulkanik keluar dari kawah Gunung Agung. Foto: Antara/Nyoman Budhiana.

Gunung Agung Berstatus Siaga

Nasional erupsi gunung agung
Ilham Pratama Putra • 18 Maret 2019 23:54
Jakarta: Gunung Agung Bali berstatus level 3 atau siaga. Namun, kondisi tersebut dinilai masih kondusif untuk masyarakat di Bali.
 
"Bali aman. Bandara I Gusti Ngurah Rai beroperasi normal," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Gedung BNPB, Jakarta, Senin, 18 Maret 2019.
 
Kendati demikian, masyarakat diminta tidak beraktivitas di Zona Perkiraan Bahaya atau radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung. Masyarakat juga diminta harus waspada terhadap ancaman lainnya berupa aliran lahar hujan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung, agar mewaspadai
potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan," kata dia.
 
Hari ini, Gunung Agung bererupsi sebanyak dua kali, yaitu pukul 08.03 WITA dan 10.30 WITA, dengan tinggi kolom abu 500 meter hingga 600 meter di atas puncak. Selain erupsi, terjadi gempa tektonik sebanyak lima kali pada Gunung Agung.
 
Situasi itu membuat masyarakat harus tetap siaga. Masyarakat diminta untuk mempersiapkan perlindungan diri.
 
"Seluruh masyarakat, utamanya yang bermukim di sekitar Gunung Agung agar senantiasa menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun pelindung mata. Sebagai upaya antisipasi potensi ancaman bahaya abu vulkanik," pungkasnya.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif