Marka wisata Tanjung Lesung yang rusak berat akibat hempasan gelombang tinggi teronggok di Resort Tanjung Lesung. MI/Susanto.
Marka wisata Tanjung Lesung yang rusak berat akibat hempasan gelombang tinggi teronggok di Resort Tanjung Lesung. MI/Susanto.

Warga Diimbau Hindari Radius 500 Meter dari Pesisir Selat Sunda

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Cindy • 06 Januari 2019 08:13
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk berada dalam radius 500 meter dari pesisir pantai di sekitar Selat Sunda. Zona waspada tsunami diterapkan pada pesisir dengan elevasi rendah (elevasi kurang dari 5 m di atas permukaan laut).
 
Imbauan tersebut diungkapkan berdasarkan pertimbangan Badan Geologi mengenai perkembangan erupsi Gunung Anak Krakatau, pertimbangan kondisi lereng atau tebing dasar laut serta kondisi potensi gempa di Selat Sunda.
 
“Masyarakat diminta tetap tenang dan waspada, dalam beraktivitas di pantai atau pesisir Selat Sunda, dalam radius 500 meter dari tepi pantai yang berada pada elevasi rendah,” kata Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly di Jakarta, Sabtu, 5 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia meminta masyarakat tetap mengikuti perkembangan informasi terkait bahaya tsunami di sekitar pesisir Selat Sunda. Informasi itu bisa didapat dari situs resmi dan media sosial BMKG.
 
"Monitor juga perkembangan aktivitas Gunung Anak Krakatau melalui aplikasi Magma Indonesia dan Badan Geologi-ESDM, agar tidak terpancing dengan informasi atau isu yang menyesatkan," kata Sadly.
 
Bencana tsunami menghempas Banten dan Lampung pada 22 Desember 2018 malam. Gelombang tsunami diyakini terjadi akibat longsor dari runtuhnya dinding kepundan Gunung Anak Krakatau yang erupsi.Berdasarkan data sementara BNPB per 31 Desember 2018, jumlah korban tewas 437 jiwa, 14.059 orang luka-luka dan 33.721 jiwa diungsikan.

 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi