Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. Foto: MI/Bagus Suryo
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. Foto: MI/Bagus Suryo

Menko PMK Sebut Seluruh Sumber Daya Dikerahkan Tangani Hepatitis Akut

Nasional penyakit menular kesehatan anak menko pmk kemenkes Hepatitis Akut
Antara • 12 Mei 2022 19:45
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berupaya keras mengantisipasi penyebaran hepatitis akut. Kemenkes bahkan mengerahkan segala sumber daya untuk menangani penyakit misterius tersebut.
 
"Sementara ini masih ditangani langsung Kemenkes, sebagai kementerian teknis," kata Muhadjir melalui keterangan tertulis, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Sementara itu, juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut pihaknya terus berkoordinasi dengan WHO. Tidak hanya memantau perkembangan hepatitis, Kemenkes bahkan mengikuti pedoman WHO.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita monitor perkembangan dan pedoman dari WHO," ujar Nadia.
 
Nadia juga memastikan Kemenkes banyak mendapat masukan dan pelajaran dari penanganan pandemi covid-19 untuk mengantisipasi hepatitis akut. Pengalaman berhadapan dengan pandemi menjadi modal berharga.
 
"Belajar dari pandemi kemarin, kita bisa melakukan mobilisasi resources (sumber daya) yang ada saat ini," kata Nadia.
 
Ini merupakan tanggapan atas imbauan Ketua DPR Puan Maharani. Puan mengingatkan pemerintah terus berkoordinasi dengan organisasi kesehatan dunia (WHO) dalam menghadapi hepatitis akut.
 
Baca: BRIN: Belum Ada Terapi yang Tepat untuk Hepatitis Akut
 
Puan juga meminta pemerintah menyiagakan dokter anak dan tenaga medis lainnya di setiap daerah, serta mempersiapkan fasilitas kesehatan untuk skenario terburuk. Puan juga mengimbau masyarakat, khususnya orang tua untuk mengantisipasi penyebaran hepatitis akut yang dilaporkan cukup membahayakan bagi anak tersebut.
 
Hal senada disampaikan Komisioner KPAI Rita Pranawati. Dia mengatakan peran orang tua sangat penting dalam mengantisipasi penyebaran hepatitis akut. Salah satunya dengan menjaga kebersihan anak.
 
"Dan memandu anak untuk menjaga kebersihan," ujar Rita.
 
Dia mengingatkan agar orang tua harus lebih waspada. Rita menyarankan para orang tua mencari informasi dari sumber akurat. Para orang tua harus tanggap ketika menghadapi anak yang mempunyai gejala hepatitis.
 
"Iya, mencari informasi yang benar, kemudian mempraktikkannya. Karena takutnya di keseharian, anak-anak kan tidak terus dengan orang tuan. Jadi anak harus diedukasi," ucap dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif